SekBer Sahabat Ciliwung: Adipura Hanya Bonus, Bukan Tujuan

Ketua Sekber Sahabat Ciliwung, Hidayat Al Ramdani. (Foto: Ibra)

DEPOK – Pencapaian Kota Depok dalam meraih penghargaan Piala Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup tak lepas dari peran serta masyarakat Kota Depok dan komunitas penggiat lingkungan hidup di Kota Depok.

Ketua Sekber Sahabat Ciliwung, Hidayat Al Ramdani, mengatakan bahwa raihan tersebut merupakan bonus besar dari perjuangan panjang Pemerintah Kota Depok dan masyarakat serta komunitas-komunitas yang bergerak bersama.

“Selamat kepada Pemkot Depok dan seluruh masyarakat Kota Depok atas Adipura ini. Sebetulnya Adipura ini bukan tujuan, tujuannya adalah bagaimana menjadikan Depok yang nyaman, Depok yang layak dihuni oleh masyarakat. Dan Adipura ini hanya bonus buat kita, bukan tujuan utama,” ujarnya saat ditemui DepokPos di Balaikota Depok, Rabu (2/8).

BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Bukan Didirikan oleh Erick Thohir

Lebih lanjut, aktifis lingkungan hidup yang akrab disapa Dayat ini mengatakan bahwa torehan prestasi ini harusnya bisa lebih mamacu masyarakat untuklebih peduli kepada lingkungan.

“Karena soal kebersihan ini tak lepas dari pola pikir dan pola hidup yang harus terus diperbaiki, pola hidup membuang sampah sembarangan dirubah, nah ini harus berangkat dari diri sendiri dan komunitas-komunitas terkecil dilapisan masyarakat,” tambahnya.

Ketika Adipura sudah diraih, menurut Dayat yang berat adalah mempertahankannya. Maka pemerintah, masyarakat dan komunitas harus terus berinovasi, harus punya caranya sendiri.

BACA JUGA:  SBR Konsep Perayaan HUT ke-73 TNI dengan Ide Inspiratif untuk Tingkatkan Ekonomi Negara

“Kota lain yang nggak dapat (Adipura) pasti akan lebih berinovasi, nah kita harus lebih. Pemerintah yang punya hak kebijakan dan anggaran ini yang utama, maka ketika dibuat kebijakan yang pro lingkungan, yang akan bergerak adalah masyarakat semua,” tegasnya.

Disinilah Dayat berharap adanya aturan yang dibuat oleh pemerintah untuk menggerakkan masyarakat secara masif.

“Sebagai bentuk inovasi, perlu dibuat sebuah aturan yang bisa masuk dan “meracuni” siswa-siswa di sekolah-sekolah agar lebih peduli terhadap lingkungannya. Ditambah lagi yang punya peran besar disini adalah media, pemberitaan dari media inilah yang akan membuat orang tertarik untuk mengikuti kebijakan pemerintah. Jadi mari kita bersama-sama berbuat,” tegasnya. (San)

BACA JUGA:  Terminal Jatijajar Diharapkan Mampu Berikan Dampak Pembangunan Kota Depok

Comments

comments