Sambut Hari Kemerdekaan Synthesis Development Persembahkan #IndonesiaIsMe Kriya Nagri

Budi Yanto Lusli, Presdir Synthesis Development saat memberikan penjelasan kepada para awak media (foto: Synthesis Development)

Dilatarbelakangi atas kecintaan dan kebanggaan kepada bangsa Indonesia, menyambut hari kemerdekaan RI, 17 Agustus ini Synthesis Development menggelar #IndonesiaIsMe ke 3 yang mengangkat tema ‘Kriya Nagri’ berbeda dengan Indonesia is Me pada tahun lalu, bertema aktivitas olahraga dan kesehatan.

Pada tahun 2017 ini mengangkat aktivitas budaya, seni, dan tokoh-tokoh inspiratif yang sudah menjadi agen perubahan positif di Indonesia dari beberapa sektor, budaya, seni dan lain-lain.

Budi Yanto Lusli, selaku President Director Synthesis Development dalam acara media gathering yang digelar pada Jumat (11/8/2017) bertempat di Maze Kitchen, Synthesis Square jalan Gatot Subroto Jakarta mengatakan:

“Hal ini kita coba angkat karena dilatarbelakangi beberapa penelitian dan pemberitaan yang menyampaikan kondisi bahwa minimnya suport, minimnya informasi, minimnya sosialisasi budaya Indonesia dan kurang apresiasi terhadap budaya dan aktifitas lokal,” ungkap Budi Yanto Lusli.

BACA JUGA:  Sederet Aktor dan Aktris Terkenal Siap Menuju Syuting Film Wiro Sableng 212

Selain itu adanya krisis intentisitas dari berbagai kalangan, terutama anak muda. Mungkin ada juga yang belum mengetahui ada beberapa tokoh lebih diapresiasi di manca negara, padahal karyanya terinspirasi dari kekayaan Indonesia dan memberikan perubahan positif bagi masyarakat Indonesia.

Para Narasumber saat melakukan potong tumpeng (foto: Synthesis Development)

Tujuan ini diadakan ingin memberikan experience terutama masyarakat Jakarta atau orang ingin merasakan experience Indonesia yang berkesan buat publik terhadap ragam kekayaan budaya Indonesia.

Indonesia is Me ke-3 ini dengan 2 program besar yaitu Tunjukkan Indonesiamu, merupakan aksi pembuka Indonesia is Me yang akan diadakan pada 13 Agustus 2017 di Car Free Day FX Sudirman, Jakarta (pkl. 07.00 – 09.00).

BACA JUGA:  Mentawai Gelar Festival Muanggau

“Diawali pada 13 Agustus hari minggu dibuka dengan flashmob tarian tradisi 2000 orang, uniknya penarinya akan bawa sapur, selendang dan kain,” ujar Fianty R Gosal, selaku project and Operation Director Synthesis Development.

Kemudian dilanjutkan pada Selasa 15 Agustus – Minggu 20 Agustus, di Grand Atrium Kota Kasablanka Jakarta, berupa rangkaian yang berisikan seperti pertunjukan seni budaya (tari, seni musik dan fashion show) yang bertemakan Indonesia.

Lalu ada juga bincang-bincang dengan tokoh-tokoh yang sudah dianggap memberikan sumbangsih terhadap nilai-nilai budaya Indonesia, tokoh perempuan dan tokoh lainnya. Serta bincang-bincang tentang keuangan dan properti bagaimana masyarakat bisa memiliki properti dengan harga yang terjangkau.

Synthesis Development berkolaborasi dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia untuk Indonesia is Me, akan ada spesial performance yaitu penyanyi Atiek CB, dari Amerika akan menyanyikan lagu ‘Gebyar-gebyar’ dan Ita Purnamasari.

BACA JUGA:  KPK Tangkap Tangan 4 Oknum PN Jakarta Selatan

“Kita akan menari bersama 7 tari tradisional mulai dari tari Betawi sampai tanah Papua. Kami berharap ini menjadi titik poin dalam pelestarian budaya Indonesia,” tutur Diah Kusumawardani Wijayanti, selaku pendiri BBI sekolah tari dan musik gratis.

Terkait acara Indonesia is Me, juga hadir Lulu Luthfi Labibi, selaku desainer Indonesia sajikan ‘Tirakat’ berupa photo exhibition, pemutaran video dan fashion show. Dalam photo exhibition dan video ini akan mengangkat 9 profil lintas generasi dan lintas profesi. Fashion show akan digelar 19 Agustus 2017, menampilkan 42 look mengolah kain lurik sebagai ciri khas rancangannya. (BKarmila)

Komentar

komentar