Beranda Feature Punya 25 Situ, Depok Harusnya Kaya akan Sumber Daya Air

Punya 25 Situ, Depok Harusnya Kaya akan Sumber Daya Air

Situ Cilodong diwaktu senja. (Foto: San/DepokPos)

Danau adalah suatu cekungan pada permukaan bumi yang berisi air. Danau dapat memiliki manfaat serta fungsi seperti untuk irigasi pengairan sawah, ternak serta kebun, sebagai objek pariwisata, sebagai PLTA atau pembangkit listrik tenaga air, sebagai tempat usaha perikanan darat, sebagai sumber penyediaan air bagi makhluk hidup sekitar dan juga sebagai pengendali banjir dan erosi.

Danau dibagi menjadi dua jenis, yaitu danau buatan dan danau alami. Danau buatan / situ terbentuk karena peristiwa alam seperti gunung meletus, jatuhnya meteor, dan lainnya. Sedangkan danau buatan terbentuk karena buatan manusia. Baik danau alami maupun danau buatan sama – sama memiliki manfaat untuk keberlangsungan makhluk hidup.

Kota Depok sendiri menurut situs resminya mengatakan ada 25 danau buatan / situ yang tersebar di wilayah Timur, Barat, Dan Tengah kota. Namun kondisi seluruh danau tersebut tidaklah sama. Tercatat bahwa kondisi danau – danau tersebut rata – rata memiliki kualitas air yang buruk dan tercemar. Dan yang paling memiliki kualitas air terburuk adalah situ Gadog dan Rawa Besar.

BACA JUGA:  Wakil Depok Juara 1 Startup World Cup, Wali Kota Ucapkan Terima Kasih

Meskipun memiliki air yang rata – rata tercemar, situ yang ada di Kota Depok masih dimanfaatkan warga sekitar untuk berbagai kegiatan. Salah satunya adalah memancing dan berbagai kegiatan untuk pariwisata. Di situ Gadog sendiri tercatat pernah diadakan perlombaan mancing mania pada 1 Mei 2017 lalu oleh Pokja ( Kelompok Kerja ) situ Gadog dalam rangka HUT Kota Depok yang ke 18. Selain itu, situ yang berada di Studio Alam TVRI, Cilodong, Kota Depok juga dimanfaatkan warga untuk memancing dan berwisata menikmati suasana danau di sore hari. Padahal air yang ada di situ tersebut tercemar limbah dan sampah serta mengalami degradasi luasan.

BACA JUGA:  Anak Pengungsi Rohingya: "Apa Kegiatan Anak-anak Indonesia?"

Berdasarkan hal tersebut dapat dibuktikan bahwa minat warga dan potensi akan pariwisata dan sumber daya air di Kota Depok sangatlah tinggi. Apabila seluruh situ yang ada di Kota Depok dirawat dan dijaga oleh pemerintah serta warga sekitar maka Kota Depok akan mendapatkan pendapatan di bidang sumber daya air. Namun upaya pemerintah Kota Depok dalam memanfaatkan sumber daya air tersebut terlihat kurang maksimal. Hanya ada beberapa situ yang terlihat terawat, contohnya adalah situ Cilodong yang terletak di Jalan Abdul Gani, kecamatan Cilodong, Kota Depok yang dimanfaatkan untuk wahana air perahu bebek, tempat cadangan air dan dimanfaatkan untuk memancing warga.

Kota Depok sendiri adalah salah satu penghasil ikan hias terbesar. Tiap tahunnya Kota Depok memproduksi sebanyak 80 juta ekor ikan hias sehingga menempatkan posisinya sebagai lima besar penghasil ikan hias terbanyak di Indonesia. Bisnis tersebut dapat menjanjikan mengingat Kota Depok ada banyak situ didalamnya. Pemanfaatan tersebut seharusnya dilaksanakan dan diberlakukan secara optimal di seluruh situ sehingga dapat menjadi lahan pekerjaan bagi para warga di Kota Depok.

BACA JUGA:  Bantu Pengungsi Rohingya, Laznas Dewan Dakwah Kirim Relawan ke Perbatasan Myanmar-Bangladesh

Upaya pemerintah Kota Depok dan peran serta masyarakat dibutuhkan untuk memanfaatkan potensi situ – situ yang sangat besar ini. Dengan pemberdayaan dan pemeliharaan lingkungan situ membuat kawasan situ menjadi lebih bersih dan nyaman sehingga dapat dijadikan lahan pariwisata. Air yang bersih tentunya menghasilkan banyak ikan dan dapat dimanfaatkan untuk pembukaan tambak ikan sebagai usaha mengingat Kota Depok mempunyai 25 situ didalamnya.

Ditulis oleh: M.Fahru Rhozi, Mahasiswa STEI SEBI.

Komentar

komentar