Beranda Wisata Depok Potensi Wisata di Situ Asih Pulo

Potensi Wisata di Situ Asih Pulo

DEPOK – Salah satu potensi wisata air yang terdapat di Kota Depok adalah Setu Asih Pulo. Setu ini berada di Jalan Bonang, Kelurahan Rangkap jaya, Pancoran mas. Danau seluas 4,40 hektar tesebut sudah direvitalisasi menjadi tempat wisata. Saat masih dikelola pihak swasta lingkungan setu ini cukup gersang. Pada tahun 2006 pemerintah Depok bekerjasama dengan masyarakat menghijaukan kembali danau yang ada di belakang Gardu PLN Depok itu. Selain penghijauan, penataan ulang, irigasi dan rehabilitasi juga dilakukan dengan pembuatan turap untuk menjaga kestabilan lereng di tepi situ.

BACA JUGA:  Rumah Zakat Kembali Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Rohingnya

Setu Asih Pulo bukan hanya menjadi objek wisata air saja tetapi juga menjadi lahan konservasi. di tepi setu pengunjung dapat menyaksikan beberapa jenis pepohonan hijau maupun taman bunga. Setu Asih Pulo memiliki kedalaman setu berkisar antara 0,5 sampai 2 meter sehingga mampu menampung debit air lebih banyak. Bagi anda yang hobby memancing Setu Asih Pulo ini juga menjadi tempat pemancingan yang menarik. Salah satu bagian setu juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tambak ikan.

Keadaan danau maupun lingkungan setu juga cukup bersih . Dibeberapa bagian Anda dapat menjumpai tempat sampah organik dan non organik. Dan saat berkunjung ke Setu Asih Pulo pengunjung dapat mengelilingi danau dengan menyewa perahu bebek yang tersedia. Anda dan keluarga juga dapat berpiknik melakukan aktivitas seru di tepi danau sambil menikmati pemandangan sekitar setu. Di area setu juga terdapat pendopo yang berfungsi sebagai aula serbaguna. Pendopo tersebut biasa dimanfaatkan warga sekitar untuk mengadakan pertemuan atau tempat menggelar acara lain.

BACA JUGA:  KSEI IsEF SEBI Gelar Seminar EkonomI Lintas Negara

Situ Asih Pulo dapat dikunjungi setiap hari. Anda dapat menikmati pemandangan di tempat wisata. Sebaiknya Anda mengunakan kendaraan pribadi bila ingin berkunjung ke Setu Asih Pulo untuk rute kalo dari jembatan serong setelah melewati gardu PLN, akan ada JL. Gardu 1, ikuti jalan tersebut dengan mengikuti tembok gardu jaringan PLN tersebut. Setu Asih Pulo tepat di belakang gardu jaringan PLN Jl. Bonang. kalau dari pitara dapat melalui Jl. Situ Pulo. (Fitri Nursiyami)

Sumber foto: konservasisitudepok.wordpress.com

Komentar

komentar