Pilihan Hidup dan Konsekuensinya

Ilustrasi.

Kita boleh memilih apapun di dalam hidup ini. Namun, sayangnya kita tidak boleh memillih konsekuensinya. Karena setiap pilihan yang kita ambil selalu ada resiko atau pun konsekuesi yang menyertai pilihan-pilihan tersebut. Maka nikmatilah konsekuensinya.

Menikmati : itulah bahagia. Karena dengan menikmati apapun yang terjadi di dalam hidup kita, semua akan terasa ringan dijalani. Berbeda dengan sikap seseorang yang tidak mau menikmati resiko yang terjadi, hari-harinya akan suram. Bahkan terkadang tidak jarang suka menyalahkan keadaan.

Ada pepatah yang mengatakan “Pelaut yang ulung tidak pernah terlahir dari laut yang tenang”. Kenapa? Karena laut tenang diibaratkan seperti kehidupan yang datar-datar saja. Biasa saja. Atau bahkan monoton. Tidak ada tantangan yang mewarnai kehidupan. Sedang laut yang selalu bergelombang, bergemuruh, dan terkadang diimbangi dengan cuaca yang buruk bersama badai, akan mnciptakan sebuah tantangan bagi sang pelaut untuk mencari cara bagaimana mengahadapinya dengan segala keberanian tanpa takut dan pantang menyerah.

Begitu pun dalam hidup tidak seru jika tidak ada masalah. Bukannya kita mengharapkan masalah selalu datang, tapi dengan adanya masalah-masalah dalam hidup bisa menjadikan kita lebih dewasa dalam mengambil keputusan dan menyikapi suatu hal.

Seorang motivator pernah berkata, “Hidup adalah permainan, tapi jangan main-main dalam hidup, maka jadilah pemenang dalam permainan ini”. Kita juga harus sadar diri bahwa kita adalah pemenang! Kalau jadi pemenang, jadilah pribadi yang aktif.

Ditulis oleh: Niehayatul Amaliyah

Comments

comments