Beranda Warga Bicara Peluang Bisnis Kota Depok

Peluang Bisnis Kota Depok

Ilustrasi.

Di zaman yang serba modern ini, bisnis tidak lagi menjadi milik suatu kalangan saja. Mahasiswa, pelajar, para artis, bahkan ibu rumah tangga sekalipun banyak yang mencoba merintis bisnisnya karena peluangnya yang sangat besar. Dari mulai fashion, lifestyle, kuliner, furniture, sampai perlengkapan sekolah banyak sekali yang menjualnya secara online maupun offline. Semua serba dijual.

Akhir-akhir ini, banyak kita jumpai di kota-kota besar yang ada di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dijadikan buah tangan saat kita pergi mengunjungi kota tersebut. Oleh-olehnya pun beragam, namun lebih sering berbentuk kuliner karena setiap daerah memiliki cita rasa makanan yang berbeda. Bogor, Surabaya, Sorong, Yogyakarta, Bandung, dan kota besar lainnya punya olahan tersendiri. Ada yang memanfaatkan olahan buah dari daerah tersebut, ada juga yang memang hasil kreatifitas pemilik dan mengikuti trend yang sedang digemari.

Uniknya, Kota Depok yang memiliki jumlah warga yang cukup fantastis dan selalu bertambah setiap tahunnya belum memiliki sesuatu yang khas yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi orang yang merantau. Di Depok, terdapat beberapa Universitas dimana mahasiswanya berasal dari seluruh Indonesia. Bagi saya, ini adalah sebuah peluang bisnis yang cukup besar mengingat sebagian mahasiswa tersebut akan pulang ke kampung halamannya dan membawa oleh-oleh khas daerah Depok. Ide ini muncul ketika beberapa teman saya yang bertanya terkait oleh-oleh khas Depok, kemudian saya kebingungan karena memang belum ada oleh-oleh dari kota Depok. Hingga pada akhirnya, mereka memutuskan membeli oleh-oleh dari kota tetangga yaitu Bogor.

Tentunya, modal memang merupakan sesuatu yang penting yang harus kita pertimbangkan. Tetapi, semakin lama kita merasa terhalang dengan modal yang sedikit pastinya ide tersebut akan banyak yang lebih dulu merealisasikannya.

So? Tunggu apalagi.. pikirkan ide bisnismu dan mulailah merealisasikannya. Yang terpenting adalah jangan sampai modal kita diperoleh dari hutang. Karena bagaimanapun, bisnis kita akan lebih berkah jika tidak terlibat dengan hutang. Semoga Negara kita semakin maju dengan lahirnya para entrepreneur di bidang UKM yang jumlahnya saat ini masih minim. Selamat memulai bisnis!

Oleh : Najiyah Ulfah Labibah (Mahasiswa STEI SEBI Depok)

Komentar

komentar