Mengenal Campak dan Rubella

Penyakit campak Jerman atau yang lebih dikenal dengan nama Rubella merupakan penyakit yang berasal dari virus Rubella.nama Rubella sendiri berarti sedikit merah. Penyakit ini pertama kali dijelaskan oleh dokter Jerman pada pertengahan di abad ke-18. Penyakit ini bisa berlangsug satu sampai tiga hari dan anak-anak sendiri lebih cepat daripada orang dewasa.

Rubella adalah infeksi anak umum biasanya dengan kesal sistemik yang minimal meskipun arthropathy transien yang dapat terjadi pada orang dewasa. Komplikasi serius yang sangat jarang. Terlepas dari dampak infeksi transplasenta pada janin berkembang, rubella merupakan infeksi yang relatif kecil.

Rubella ditularkan melalui tetesan emisi udara dari saluran pernapasan atas kasus aktif. Virus ini juga hadir dalam tinja urin, dan pada kulit. Penyakit ini memiliki masa inkubasi dua sampai tiga minggu.

Pada kebanyakan orang, virus Rubella bisa dengan cepat dihilangkan. Namun, mungkin bertahan selama beberapa bulan. Anak-anak adalah sumber signifikan dari infeksi pada bayi lain dan, lebih penting, untuk kontak wanita hamil.

Penularan utamanya dapat melalui butiran liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin. Berbagi makanan dan minuman dalam piring atau gelas yang sama dengan penderita juga dapat menularkan rubella.

Walau sama-sama menyebabkan ruam kemerahan pada kulit, rubella berbeda dengan campak. Penyakit ini biasanya lebih ringan dibandingkan dengan campak. Begitu terinfeksi, virus akan menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu lima hari hingga satu minggu. Masa penularan tertinggi penderita rubella biasanya pada satu sampai lima hari setelah ruam muncul.

Penderita rubella pada anak-anak cenderung mengalami gejala-gejala yang lebih ringan daripada penderita dewasa. Tetapi ada juga penderita rubella yang tidak mengalami gejala apa pun dan tetap dapat menularkan rubella.

Gejala gejala yang dialami pada rubella adalah iritasi pada mata, tidak nafsu makan, sakit kepala, demam, nyeri pada sendi terutama pada penderita remaja wanita, ruam berbentuk bintik-bintik kemerahan yang awalnya muncul di wajah lalu menyebar ke badan, tangan, dan kaki. (Meytri Farah)

Comments

comments