Mengenal Angin Duduk dan Gejalanya

(Istimewa)

Dunia kedokteran mengenal angin duduk dengan istilah penyakit jantung yang disebut Sindroma Koroner Akut atau SKA yang merupakan bentuk lain dari Penyakit Jantung Koroner . Penyakit Jantung Koroner (PJK ) adalah salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia .

Angin duduk atau angina adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Terganggunya pasokan darah ini terjadi karena adanya penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah. Serangan angin duduk bisa terjadi secara tiba-tiba. Nyeri dada yang dialami oleh penderita angin duduk kemungkinan bisa menjalar sampai ke lengan kiri, leher, rahang, dan punggung.

1. Dada terasa tidak nyaman

Gejala pertama yang muncul biasanya area dada terasa sesak dan seperti ada sensasi terbakar. Dada terasa diremas atau merasa seperti ada beban berat yang telah ditempatkan pada dada mereka serta biasanya akan diikuti dengan kesulitan untuk bernapas.

2. Mual

Perut juga ikut terasa tidak enak. Rasa mual yang tidak tertahankan juga bisa membuat orang dengan angina atau angin duduk mengalami muntah secara terus menerus.

3. Kelelahan

Ketika tubuh terserang angin duduk, badan akan terus dilanda letih yang tidak kunjung usai. Tubuh pun terus mengeluarkan keringat meskipun cuaca sebenarnya tidak sedang panas.

4. Sakit menjalar

Bila rasa sakit menjalar dari dada menuju leher, tenggorokan hingga ke bagian lengan dan punggung, ini menjadi tanda yang bisa diartikan sebagai sinyal bahaya. Kemungkinan terkena angina menjadi lebih besar.

5. Pusing

Kepala terasa pusing juga merupakan gejala angin duduk yang harus diwaspadai. Jika menemui beberapa gejala yang telah disebutkan, sebaiknya segera cari pertolongan medis untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Dari sekian banyak gejala angina, biasanya hal itu terjadi secara bersamaan kalau pun tidak yang paling utama adalah nyeri dada yang menjalar, sesak nafas, dan keringat dingin.

Tingkat keparahan, durasi dan jenis angina dapat bervariasi. Sangat penting untuk Anda mengenali gelaja tersebut. ( Hana Nurul Jannah )

Comments

comments