Kartu Pintar Diluncurkan Untuk Santri Ponpes se-Indonesia

kiri ke kanan:, Maryono, Dirut BTN, Hasnil Fajri, Direktur Bisnis & Marketing PT. Data Aksara Matra, Umi Waheeda, Pimpinan Ponpes Al-Ashriyyah Nurul Iman, Presiden Joko Widodo, Airlangga Hartarto, Mentri Perindustrian, Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat dan Muhadjir Effendy, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

Data Aksara Matra adalah Perusahaan IT lokal karya anak bangsa yang fokus membuat Solusi Bisnis Teknologi Perangkat Lunak Aplikasi dan Chip Card Operating System yang bisa dioperasikan melalui Web, Mobilephone maupun Kartu Pintar (Smart Card), yang salah satu fokusmya adalah di bidang Payment Solution baik Server Based maupun Card Based termasuk Financial Technologi (FinTech) yang disupport Platform e-Payment / M- Payment / Prepaid Standard MIMA buatan sendiri dengan nama “Powerhouse Network”.

Untuk Program Pesantren Industri Kementrian Perindustrian ini, PT.Data Aksara Matra bekerjasama dengan ponpes Al- Al-Ashriyyah Nurul Iman dan Bank BTN (Syariah) mengembangkan “Kartu Santri dan Mobile Fintech & E-Commerce Ponpes”

MOU kerjasama ponpes Nurul Iman dengan PT.Data Aksara Matra dan BTN (Syariah) yang merupakan bagian dari rangkaian acara program Vokasi Industri dalam rangka membangun link & match industri dengan SMK termasuk Pesantren berlangsung di Astra Otoparts Kawasan Industri Greenland, Internasional Industrial Center Cikarang Jawa Barat, Jumat 28 Juli 2017.

Penandatanganan MOU ini disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Mentri Perindustrian Airlangga Hartarto yang dihadiri juga Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Mentri Sekretaris Kabinet dan Gubernur Jawa Barat, Deputy Meneg BUMN , Anggota DPR, pimpinan perusahaan, pimpinan SMK dan Pesantren dan para tamu undangan lainnya. Penandatanganan MOU dilakukan Pimpinan Ponpes Al-Ashriyyah Nurul Iman, Waheeda binti Abdul Rahman (Umi Waheeda), Direktur Utama BTN, Maryono dan Direktur Bisnis & Marketing PT.Data Aksara Matra, Hasnil Fajri.

Pada kesempatan itu sekaligus dilakukan peluncuran (demo) Kartu Santri yang teringtegrasi dengan Mobile Fintech & e-Commerce untuk Pesantren yang bekerjasama dengan ponpes Nurul Iman sebagai pengguna dan BTN (Syariah) sebagai Bank Kustodi dan PT.Data Aksara Matra sebagai Pemilik dan Penyedia Platform Teknologi Kartu Santri (Pintar) yang terintegrasi dengan Mobile Fintech & E-Commerce dalam rangka mendukung program Pesantren Industri berbasis Digital dari Kementrian Perindustrian, ungkap Hasnil Fajri, Direktur Bisnis & Marketing PT.Data Aksara Matra.

Dengan adanya Kartu Santri dan Mobile Fintech & E-Commerce yang terintegrasi dalam lingkungan Pondok Pesantren yang digunakan oleh Santri, Wali Santri maupun Mitra Ponpes ini, maka Ponpes Nurul Iman merupakan Ponpes Industri pertama di Indonesia bahkan mungkin di dunia yang mengimplementasikan end-to end Digital Pesantren berbasis Digital Ekonomi.

Adapun fungsi Kartu Santri Multi Fungsi ini antara lain :1.sebagai E-Id untuk Santri, 2.untuk payment produk ponpes dan produk mitra untuk santri dalam lingkungan ponpes baik via EDC (Android NFC) maupun Vending Machine, 3.untuk Absensi, 4 sebagai kartu parkir (optional) 5. Sebagai kartu debit (Optional) dll. Sementara fungsi Mobile Fintech & E-Commerce ini antara lain : 1.untuk penjualan produk-produk ponpes dan mitra ponpes, 2. Untuk ibadah seperti infaq, waqaf, sedekah dan zakat, 3. Pembayaran haji & umroh, 4.pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, telepon, air, hp, tv berbayar, BPJS Kesehatan dll, 5.untuk penjualan tiket KA, pesawat, pulsa dan lain sebagainya.

Kartu Santri dan Mobile Fintech & E-Commerce ini dilengkapi dengan fitur Cek Saldo, Transfer, Cash-In (Top-Up) dan Cash-Out, Platform Data Aksara ini didukung Single Platform Teknologi yang dinamakan “POWERHOUSE NETWORK”.

Fitur lainnya untuk Ponpes ini adalah adanya Fasilitas Chatting dan Map buatan Data Aksara yang diintegrasikan ke Powerhouse Network. Jadi semua aktiftas Transaksi dan Administrasi di pesantren sudah “Cashless” dan menggunakan Kartu Santri (Chip Smart Card with O/S) dan “Mobile Fintech”

“Ini merupakan pilot project yang rencananya akan diimplementasikan di ponpes-ponpes lainnya di seluruh Indonesia. Semoga berkah dan bermanfaat buat para santri di ponpes,” tandas Hasnil dalam siaran persnya yang diterima depokpos.com Senin malam (31/7). (Galang)

Comments

comments