Ini Alasan Kita Harus Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi. (Istimewa)

Apakah Anda terbiasa minum air putih sesaat setelah bangun tidur? Jika tidak, segera biasakan melakukan hal itu.

Ternyata, masyarakat Jepang sudah menjadikan hal ini sebagai kebiasaan sedari dulu. Menurut sebuah penelitian, kebiasaan inilah yang menjadi salah satu rahasia orang Jepang yang umurnya rata-rata relatif lebih panjang daripada orang Asia lainnya.

Air putih diperlukan tubuh agar tubuh kita tidak kekurangan cairan . Pagi hari setelah bangun tidur menjadi waktu yang tepat untuk meminum segelas air putih karena sudah semalaman tubuh tidak mendapat asupan cairan setelah beristirahat memulihkan tenaga.

Kenapa harus membiasakan diri minum air putih setelah bangun tidur? Berikut ini alasannya :

1. Mencukupi kembali kebutuhan cairan tubuh

Entah disadari atau tidak, saat tidur, tubuh akan mengeluarkan cairan dalam bentuk uap air yang keluar saat Anda bernafas atau keringat. Bahkan, meski Anda menggunakan pendingin udara. Minum air sesaat bangun tidur akan membuat kebutuhan cairan tubuh Anda kembali terpenuhi dan tubuh akan kembali segar.

BACA JUGA:  Kenali Kesehatan Tubuh Anda Lewat Warna Kuku

Jika kebutuhan air tidak terpenuhi maka akan dehidrasi. Dehidrasi membuat kulitterlihat kering dan tampak keriput. Tapi begitu kalian cukup terhidrasi, ginjal akan mengambil alih dan mengeluarkannya kelebihan cairan. Fungsi dari cairan tubuh ini termasuk membantu pencernaan, penyerapan, sirkulasi, penciptaan air liur, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh.

2. Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Saat tidur, tubuh meregenerasi sel-selnya dengan sel-sel baru dan menyeimbangkan hormon. Sel-sel yang lama akan terbuang melalui sistem eskresi tubuh, termasuk air seni, keringat, feses. Minum air putih saat pagi hari akan melancarkan proses pembuangan limbah sisa metabolisme tersebut. Cara ini juga merupakan cara detoksifikasi paling sederhana dan gampang.

BACA JUGA:  Suka Pakai Cutton Bud Saat Bersihkan Telinga? Ini Bahayanya

3. Memulai metabolisme

Minum air putih saat bangun tidur akan membantu tubuh menyalakan proses metabolismenya. Layaknya alarm, air putih yang masuk ke dalam tubuh akan membangunkan tubuh agar segera melakukan pembakaran kalori. Selain itu, minum air saat bangun pagi bisa membersihkan usus, sehingga usus jadi lebih mudah untuk menyerap nutrisi.

4. Melancarkan peredaran nutrisi ke otak

75% otak tersusun dari cairan. Dengan minum air putih, sirkulasi darah ke otak menjadi lebih lancar sehingga otak mendapatkan cairan dan nutrisi secara cukup. Itu akan membuat tingkat konsentrasi dan fokus Anda di pagi hari meningkat.

5. Memperlancar proses BAB

Apabila Anda mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar.

BACA JUGA:  Kenali Kesehatan Tubuh Anda Lewat Warna Kuku

6. Mencegah penyakit

Aktivitas yang banyak setiap harinya tentu bila tidak mungkin kuman dan penyakit masuk ke tubuh Anda melalui saluran pernafasan. Itulah kenapa ketika pagi hari, Anda akan merasakan banyak lendir pada saluran pernafasan dan tenggorokan Anda. Dengan minum air putih, lendir-lendir tersebut akan terbilas dan terbawa ke lambung sehingga bisa segera dimusnahkan oleh cairan asam lambung.

Jadi, berapa banyak air putih yang perlu Anda minum tiap bangun tidur? Prinsipnya, Anda bisa mengonsumsinya sebanyak mungkin. Tapi, jika belum terbiasa, setidaknya biasakan untuk mengonsumsi 2,5 gelas (20 oz) air. ( Hana Nurul Jannah)

Komentar

komentar