Indahnya Bersyukur

llustrasi. (Istimewa)

Dalam kehidupan sehari-hari, ada dua hal berbeda yang harus dirasakan silih berganti yaitu kesenangan dan kesusahan. Menurut beberapa orang, hidup itu indah karena adanya perbedaan tersebut. Ketika kita merasakan kesenangan, maka kita diharapkan untuk selalu ingat dimana kita dulu pernah merasakan kesusahan. Sebaliknya, ketika kita merasakan kesusahan maka ingatlah bahwa suatu saat akan ada kesenangan.

Terkadang seseorang mendapatkan sesuatau yang ia senangi namun orang tersebut merasa puas dan tidak mau bersyukur. Dalam bersyukur ada sesuatu yang penting yaitu mengenali nikmat yang telah diberikan diantara rukun terbesar dalam bersyukur.

Karena tidak mungkin seseorang dapat bersyukur, jika dia merasa tidak mendapatkan nikmat. Maka mengenal nikmat merupakan jalan untuk mengenal Sang Pemberi Nikmat, dan seseorang tahu siapa yang memberikan nikmat, maka dia akan mencintainya, sehingga cinta itu akan melahirkan kesyukuran dan terima kasih.

Bersyukur tidak mudah untuk dilakukan, karena penilaian yang bisa diberikan bukan dari perbuatan dan perkataan saja, tapi dapat bisa dilihat dalam hati kita yang sesungguhnya. Segala cobaan hidup yang terus mengguncang keadaan kita, membuat kita tidak bisa memberikan rasa syukur yang sepenuhnya.

Namun dengan bersyukur Allah akan senantiasa menambahkan nikmat yang diberikan, namun bila kita mengingkari nikmat yang Allah berikan maka sesungguhnya azab Allah sangat pedih.

“Sesungguhnya barang siapa yang bersyukur, maka akan kutambah nikmatmu, dan barang siapa yang mengingkarinya, maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.”(Q.S. Ibrahim : 7).

Salah satu cara untuk bersyukur adalah dengan sedekah atau berbagi apa yang sudah kita miliki dengan orang lain yang membutuhkan, seperti bersedekah harta maupun ilmu. Karena sesungguhnya, berbagi tidak akan membuat seseorang kekurangan. Sebaliknya, dengan berbagi, segala nikmat justru akan ditambahkan Allah.

Rasa syukur akan menjadikan hati merasa tenang, damai dan merasa sangat bergembira atas kesempatan hidup yang Allah berikan pada kita. Allah yang Maha Segalanya pun sangat menganjurkan kita agar bersyukur. ( Hana Nurul Jannah)

Comments

comments