HUT RI Ke-72, Bagaimana Cara Memperingatinya dengan Baik?

(Istimewa)

Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia negeri kita yang tercinta ini terbebaskan dari para penjajah. 17 Agutus adalah Hari yang sangat bersejarah dimana pada hari itu adalah awal kebangkitan rakyat Indonesia. Indonesia pun berevolusi pada masa yang terang benderang.

Hanya dalam hitungan jari, hari yang ditunggu-tunggu bangsa Indonesia akan datang. Ya, Hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72. Lalu, bagaimana seharusnya kita sebagai rakyatnya akan ikut serta dalam memeriahkan hari kemerdekaan tanah air yang tercinta ini?

17 Agustus adalah salah satu moment yang sangat baik untuk mengingatkan kita kepada Tuhan YME yang telah memberi kenikmatan ini dengan melakukan beragam kegiatan yang baik dan bermanfaat, namun hal apa saja dan bagaimana?

Seperti yang kita tahu bahwa ada berbagai macam rakyat Indonesia di setiap daerahnya yang memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia ini dengan khas daerahnya masing-masing. namun kebanyakan lupa dan tidak tahu apa sih makna sebenarnya memperingati 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan RI?

Dengan bukti yang nyata bahwa para pahlawan yang mengobarkan semangat perjuangan, maka sudah sepatutnya kita sebagai generasinya untuk melanjutkan perjuanganya, dengan mewujudkan cita-citanya yaitu membangun Indonesia yang jaya dan terus harum namanya. Lalu bagaimana kita mewujudkanya?

Kita sebagai masyarakat yang baik wajib mentaati aturan pemerintah selagi aturan itu benar dan berpihak pada semua lapisan masyarakat, dan apabila ada suatu yang salah dalam aturan tersebut maka bermusyawarahlah, karena orang yang baik adalah orang yang mau bermusyawarah dan menerima hasil musyawarah tersebut, ini juga sudah tercermin dalam sila pancasila yang ke empat yaitu“kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”.

Selanjutnya bagaimana cara mengisi kemerdekaan ini dengan baik dan benar?

Ada beberapa Kegiatan yang sebaiknya dilakukan pada hari kemerdekaan RI. Dengan begitu, apa yang kita lakukan akan bermanfaat baik untuk diri sendiri, orang banyak, maupun bagi para pendahulu.

  • Kegiatan awal untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-72 salah satunya dengan mendo’akan para pahlawan yang telah gugur, semoga menjadi orang-orang yang masuk syurga dan amal baik yang senantiasa menemaninya di akhirat kelak. amin.
    Lalu menghubungkan tali silaturahmi/berkunjung kepada bekas para pejuang yang masih hidup, mendengarkan kisah-kisah mereka saat memperjuangkan Indonesia untuk mengingatkan jasa-jasa mereka dan bila perlu berikan hadiah yang bermanfaat untuk mereka.
  • Mengisi kemerdekaan ini dengan berkelakuan baik kepada semua lapisan masyarakat.
    Gotong royong untuk lingkungan yang bersih, untuk Indonesia yang asri.
    Mengadakan acara untuk saling berbagi kepada orang-orang yang kurang dalam perekonomiannya.
  • Ikut serta dalam lomba-lomba 17 Agustusan yang bermanfaat untuk memeriahkan kemerdekaan ini.
  • Masih banyak hal-hal yang bermanfaat yang tidak bisa saya sebut satu persatu.

Adapun kegiatan yang tidak diperbolehkan karena merugikan orang lain dan akan menjadi sia-sia karena tidak bermanfaat

  • Hura-hura dengan mengadakan acara yang tidak bermanfaat dan merugikan orang lain.
    Membunyikan petasan dan sejenisnya
  • Pesta yang berujung pada perkelahian dan lain sebaginya.

Ditulis oleh: Nur Fadhilah, STEI SEBI.

Comments

comments