Beranda Kesehatan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Ilustrasi.

Apakah anda pernah mengalami gangguan hidung tersumbat ? keluhan hidung tersumbat ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia. Tentunya hidung tersumbat sangatlah mengganggu aktivitas dan terlebih ketika menjelang tidur. Hidung tersumbat bisa terjadi pada salah satu rongga hidung (hidung tersumbat sebelah), maupun kedua-duanya hidung tersumbat, dan pilihan terakhir adalah kita dapat menggunakan lubang mulut untuk mengambil nafas. Hidung tersumbat sangatlah menggangu pernapasan.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan hiding anda tersumbat, antara lain pilek, flu, alergi, dan sinusitis. Hidung tersumbat terjadi saat adanya pembekakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan penumpukan cairan lendir yang kemudian menyumbat saluran pernapasan. Saat hidung tersumbat, seseorang sangat sulit untuk bernapas secara normal. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

1. Hindari membuang ingus kuat kuat

Jika penyebab hidung tersumbat adalah karena flu atau disertai dengan ingus maka keluarkanlah dengan lembut, sebelah-sebelah secara bergantian. Membuang ingus terlalu kuat justru akan membuat lapisan dalam hidung tambah meradang. bukannya meringankan malah memperberat penyumbatan hidung.

2. Kompres hangat diatas hidung

Basahi kain handuk kecil dengan air panas (hangat) kemudian tempelkan pada batang hidung secara menyeluruh dan melebar ke pipi depan, sebaiknya posisi berbaring santai, agar cara ini optimal. Jika kain handuk sudah dingin basahi lagi dengan air hangat dan ulangi prosedur seperti di atas sampai Anda merasakan manfaat yang diharapkan.

3. Tidur setengah duduk

Jika Anda mengalami hidung tersumbat yang makin parah ketika berbaring, cobalah untuk meninggikan posisi kepala dengan cara meletakkan bantal tambahan di bawah kepala dan leher sedemikian rupa sehingga terlihat posisi setengah duduk. Hal ini akan mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung sehingga dapat menghilangkan hidung tersumbat.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

4. Menghirup uap air panas

Kelembaban dan panas dari uap akan meringankan peradangan sehingga dapat mengatasi hidung tersumbat dan akan membantu Anda bernapas lebih lega.

5. Minum jeruk hangat

Cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan minum air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini juga membantu Anda menjaga kekebalan tubuh. Apalagi jika ditambahi dengan madu.

6. Teh herbal

Teh herbal adalah obat paling aman untuk mengatasi hidung tersumbat. Uap yang dilepaskan oleh tumbuh-tumbuhan akan membantu menenangkan iritasi di saluran hidung. Teh herbal juga digunakan untuk mengencerkan lendir dan memperbaiki drainase hidung.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

7. Berkumur air garam

Masukkan garam ke dalam air hangat. Aduk hingga larut. Berkumurlah beberapa kali dengan larutan tersebut. Ini adalah cara terbaik untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung.

8. makan makanan pedas

Jika Hidung tersumbat akibat adanya ingus yang kental dan susah dikeluarkan, maka cobalah konsumsi makanan atau minuman yang terasa agak pedas seperti wedang jahe atau sup ayam hangat dan sedikit pedas. Rasa pedas akan merangsang perlendiran sehingga membuat ingus lebih encer dan mudah dikeluarkan, nafaspun menjadi lega.

(Fitri Nursiyami)

Komentar

komentar