Cara Alami Menghilangkan Mata Ikan pada Telapak Kaki

Ilustrasi. (Istimewa)

Mata ikan atau dalam istilah medis disebut clavus/plantar wart. Mata ikan adalah penyakit kulit yang biasanya menyerang daerah tangan atau kaki. Mata ikan biasanya berbentuk penebalan kulit tangan atau kaki. Apabila penebalan yang berlebih pada bagian kulit akan berubah menjadi mata ikan dan bisa menimbulkan rasa nyeri. Bagian tubuh yang paling sering muncul formasi mata ikan adalah bagian kaki sangat tidak nyaman saat digunakan untuk berjalan.

Letak tumbuhnya mata ikan disebabkan cara berjalan, tipe alas kaki, jenis aktivitas, dan bahkan berat badan mempengaruhi bentuknya. selain itu, jenis gerakan yang sering dilakukan berulang kali juga bisa menyebabkan munculnya mata ikan. Walaupun sepele tetapi penyakit ini dapat menimbulkan efek berbahaya. Bahkan jika sudah terlambat, proses pengangkatan mata ikan ini sampai harus menggunakan cara operasi. Jika penyakit mata ikan ini masih relatif awal dan kecil, cara mengobati mata ikan ini dapat memanfaatkan bahan alami disekitar kita. Berikut ini adalah cara alami tentang bagaimana mengatasi mata ikan .

BACA JUGA:  Waspadai 10 Jenis Makanan Pemicu Kanker

1. Getah pepaya

Pepaya juga memiliki getah yang berguna untuk menjadi obat alami mata ikan yang ampuh. Caranya bersihkanlah terlebih dahulu kaki menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Rendamlah area kaki yang memiliki mata ikan di air hangat tersebut selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bersihkanlah dengan air biasa dan keringkan menggunakan handuk yang bersih. Setelah kering, oleskan getah pepaya di area yang terkena mata ikan tersebut.

2. Getah kamboja

Sejak jaman dahulu, getah dari pohon ini memang terkenal sebagai obat berbagai penyakit kulit yang mujarab. Caranya menghilangkan mata ikan degan getah kamboja sangat mudah. pertama bersihkan area yang terkena mata ikan seperti cara di atas. Setelah itu, oleskanlah getah kamboja di area tersebut secara merata.

BACA JUGA:  Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

3. Daun dewa

Daun dewa memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal, salah satunya yaitu untuk menyembuhkan penyakit mata ikan. Caranya, ambilah 5 helai daun dewa kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, balurkanlah pada area kulit yang terkena mata ikan secara merata. Balutlah dengan perban dan usahakan agar daerah tersebut tidak digunakan untuk beraktivitas terlebih dahulu.

4. Bawang putih

Bawang putih ternyata juga dapat digunakan sebagai obat mata ikan di telapak tangan dan kaki. Caranya ambil satu siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus. Setelah halus, oleskanlah ke seluruh permukaan kulit yang terkena penyakit mata ikan. Setelah itu, balutlah dengan menggunakan perban atau kain kasa.

BACA JUGA:  Mengenal Manfaat Buah Tin

5. Lemon

Selama ini buah lemon memang dikenal dapat menghaluskan kulit yang kasar. Lemon juga ternyata dapat membantu proses pengobatan mata ikan. Caranya gosoklah area kulit yang terkena mata ikan secara teratur dengan buah lemon. Lama-kelamaan area kulit tersebut akan halus sehingga mudah untuk digosok dengan menggunakan batu apung.

6. Cuka apel

Rendam tangan atau kaki yang terdapat mata ikan dalam larutan cuka apel selama tiga puluh menit. Membalut mata ikan dengan perban yang telah diolesi cuka apel juga dapat mempercepat pemulihan kulit yang terkena mata ikan. (Fitri Nursiyami)

Komentar

komentar