Beranda Kesehatan Cara Alami Mengatasi Suara Serak

Cara Alami Mengatasi Suara Serak

Ilustrasi. (Istimewa)

Suara serak merupakan perubahan irama suara yang kita keluarkan saat berbicara. Suara serak atau kehilangan suara terjadi ketika kontak suara teriritasi atau adanya peradangan yang menyebabkan pembekakan membuat pita suara terganggu untuk membuka dan menutup dengan lancar. Pergerakan pita suara inilah yang menciptakan suara. Dimana suara terdengar sangat parau, kasar, lemah atau bahkan hilang sama sekali.

Apa anda pernah mengalami suara serak ? sangatlah menggangu kesibukan komunikasi kita dalam keseharian. Apalagi bagia anda yang berprofesi sebagai guru atau penyanyi. Suara serak juga disertai rasa gatal di tenggorokan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan suara serak seperti kondisi tubuh yang kurang fit, batuk, flu, cuaca, bakteri atau virus, berbicara dengan nada yang agak tinggi. Untuk mengatasi suara serak anda dapat mencoba cara alami berikut adalah cara alami mengatasi suara serak.

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin c. yang mampu memerangi penyebaran infeksi pada tenggorokan. Jeruk nipis juga dapat melembabkan tenggorokan, mengurangi nyeri dan peradangan. Caranya Campurkan 1 sendok makan madu, satu sendok makan jeruk nipis dengan satu gelas air hangat. Aduk rata campuran tersebut,kemudian minum.

2. Jahe

Jahe sangat efektif untuk menyembuhkan suara serak. Jahe dapat menenangkan membran mukosa yg mengelilingi kotak suara dan meredakan peradangan. Jahe juga membantu mencegah infeksi pada saluran pernafasan pada bagian atas. Caranya rebuslah jahe 3 iris yang besarnya kurang lebih seperti ibu jari, kemudian rebus dengan dua gelas air, bisa di tambah gula atau madu.

3. Madu

Madu juga dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan suara serak, karena madu dapat menenangkan tenggorokan yg teriritasi dan mengurangi peradangan. Caranya konsumsilah madu murni satu sendok makan minimal tiga kali sehari untuk menjaga tenggorokan anda tidak kering.

4. Cuka sari aple

Cuka apel memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan infeksi untuk mengobati radang tenggorokan, salah satu penyebab paling umum dari suara serak. Caranya campurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam satu gelas air hangat.

5. Kencur

Untuk mengobati suara serak adalah dengan menggunakan kencur . Hal ini dikarenakan minyak atsiri pada kencur memiliki kandungan anti inflamasi sehingga sangat cocok untuk mengobati suara serak. Caranya siapkan satu ruas kencur, kira-kira seukuran ruas jari. Kupas dan kemudian cuci bersih. Kunyah perlahan untuk mengeluarkan minyak atsiri dari kencur. Teguklah setiap minyak atsiri yang anda hasilkan dari kunyahan. Lakukan pengunyahan selama 25-30 menit atau sampai kencur terasa hambar. (Fitri Nursiyami)

Komentar

komentar