Beranda Kesehatan Cara Alami Mengatasi Sariawan

Cara Alami Mengatasi Sariawan

Ilustrasi. (Istimewa)

Sariawan atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai stomatitis aftosa. Sariawan adalah suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada luka yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Sariawan biasanya terjadi pada bagian bibir dalam, selaput lendir dalan, gusi, lidah, dan langit-langit pada rongga mulut.

Apa anda pernah mengalami sariawan ? keberadaan sariawan ini sangat mengganggu sekali membuat napsu makan menjadi berkurang, susah saat menelan makanan dan sakit ketika kita berbicara dan menjadi malas untuk mengobrol dengan orang-orang disekitar kita. ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya sariawan seperti kekurangan vitamin C, kekurangan zat besi, mengkonsumsi makanan atau minuman panas, kondisi tubuh yang kurang fit, mulut tidak bersih , dan luka akibat tergigit. Untuk mengatasi sariawan anda bisa lakukan secara alami. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sariawan.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

1. Garam dan baking soda

Bahan alami ini adalah salah satu solusi untuk mengobati sariawan dengan mudah. Caranya buatlah campuran dari garam dan baking soda dengan menambahkan sedikit air. Lalu oleskan kedua campuran tersebut pada ulkus (luka sariawan) dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

2. Air kelapa

Air kelapa memiliki sifat elektrolit yang mampu mendinginkan tubuh, mengatasi panas dalam, dan mampu menyembuhkan sariawan mulut. Obat sariawan alami ini dikonsumsi minimal 1x sehari dengan takaran sebanyak 1 gelas. Namun apabila ingin hasilnya lebih optimal, konsumsilah sehari minimal 3x sehari.

3. Pisang dan madu

Pisang dan madu kedua bahan alami ini sudah terbukti sangat efektif untuk mengatasi sariawan di mulut, khususnya lidah. Caranya Haluskan buah pisang matang secukupnya saja, lalu campur dengan madu kemudian oleskan campuran tersebut secara merata keseluruh bagian luka sariawan diamkan selama 10 menitan lalu kumur.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

4. Kunyit

Kunyit rempah yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai macam mulai dari masak-memasak, kecantikan, hingga mengobati sariawan mulut. Kandungan senyawa antibakterial dan anti-inflamasinya dipercaya sangat mujarab untuk mengatasi masalah sariawan yang diderita. Caranya haluskan kunyit secukupnya bisa dengan memarutnya setelah itu campur dengan air hangat sampai membentuk adonan pasta. kemudian oleskan pasta kunyit tadi keseluruh bagian luka sariawan. Lalu diamkan selama 10 menit, kemudian berkumurlah dengan air hangat sampai bersih.

5. Tomat

Tomat merupakan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan mampu menyembuhkan sariawan. Caranya adalah konsumsi tomat mentah atau jus tomat karena kandungan vitamin C di dalamnya tinggi.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

6. Bawang putih

Bawang putih ini sering kali di gunakan sebagai penyembuhan, pencegahan dan pengatasian penyakit. Zat anti inflamasi yang terkandung pada bawang putih ini bisa di gunakan untuk Obat Sariawan Alami. cara menggunakan bawang putih ini sangat mudah dan gampang, pertama tamanya bawang putih di haluskan yang sudah di kupas. Jika sudah oleskan saja pada bagian sariawan.

7. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh mengandung senyawa zat asam yang tinggi akan vitamin C. Rasanya yang lumayan asam tersebut terbukti cukup efektif membunuh bakteri. Cara menyembuhkan sariawan dengan belimbing wuluh cukup dengan menempelkan atau mengunyah selama 5 menitan. Kemudian bilas dengan berkumur air hangat sampai bersih. (Fitri Nursiyami)

Komentar

komentar