Cara Alami Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi sangat penting bagi kesehatan mulut seseorang. Gusi merupakan jaringan kokoh yang umumnya berwarna pink karena terdapat banyak pembuluh darah yang kecil-kecil dan rapat, gusi membungkus tulang rahang atas dan bawah, juga menempel pada bagian bawah gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi bisa berdampak pada gusi. Gusi bengkak berarti pada gusi tersebut terjadi peradangan atau inflamasi sehingga berwarna lebih merah dari sekitarnya (gusi yang sehat), gusi jadi menonjol, terkadang terlihat berwarna kekuningan diujungnya sebagai tanda adanya nanah.

Gusi bengkak akan mengganggu karena akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian mulut. Mulut terasa tidak nyaman karena dampak dari membengkaknya gusi bisa menimbulkan rasa nyeri, apabila makan, minum ataupun ketika menggosok gigi. Salah satu penyebab terjadinya gusi bengkak adalah dikarenakan adanya infeksi pada gusi (gingvitis). Baik pada gusi bagian luar atau bagian syaraf di gusi. Bagian mulut sendiri sangat banyak mengandung berbagai jenis bakteri jika kebersihannya tidak diperhatikan. Banyak cara yang bisa mengatasi gusi bengkak baik secara medis maupun alami. Berikut adalah cara mengatasi gusi bengkak secara alami.

1. Teh hitam

Teh hitam mengandung tanin yang dipercaya ampuh mengatasi peradangan pada gusi. Cara mengobati gusi bengkak dengan teh hitam sangat mudah Caranya seduh 1 celup teh hitam dengan menggunakan air panas, kemudian ambil celup teh hitam tersebut, diamkan sebentar dan tempelkan pada gusi yang bengkak selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu buat air garam hangat dan berkumur dengan air garam tersebut

2. Lada hitam dan minyak cengkeh

Pengunaan minyak cengkeh untuk mengatasi gusi bengkak bisa menambahkan bahan lain yaitu lada hitam agar lebih maksimal khasiatnya. Cara mengobati gusi bengkak dengan lada hitam dan minyak cengkeh yaitu dengan mencampur dua bahan tersebut kemudian mengoleskannya pada gusi yang bengkak dengan menggunakan kapas.

3. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan salah satu obat tradisional gusi bengkak karena tumbuh gigi. cara mengobati gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham dengan minyak cengkeh sangat mudah yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh pada kapas dan kemudian oleskan pada gusi yang bengkak tersebut, maka akan mengatasi rasa nyeri dan mengempiskan bengkaknya

4. Lidah buaya

Lendir atau gel lidah buaya mempunyai banyak khasiat untuk penyembuhan. Selain membantu menyembuhkan luka bakar dan bekasnya, ternyata gel lidah buaya bisa dijadikan obat tradisional gusi bengkak yang ampuh. Menurut hasil penelitian bahwa lendir lidah buaya dapat membantu meredakan rasa nyeri pada gusi yang bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan lidah buaya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada gusi yang mengalami bengkak dan kemudian berkumur dengan air lidah buaya. Cara membuat ramuan air lidah buaya yaitu dengan mencampur lendir lidah buaya dengan air hangat, aduk hingga tercampur rata.

5. Akar manis

Akar manis merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan di seluruh wilayah indonesia. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional akan membantu menghilangkan nyeri saat gusi bengkak dan mengatasi peradangannya. Cara mengobati gusi bengkak dengan akar manis yaitu dengan menyeduhnya bersama air hangat dan kemudian untuk kumur-kumur. Lakukan selama gusi terasa nyeri dan bengkak agar cepat sembuh.

6. Baking soda (hidrogen perosida)

Ternyata baking soda tidak hanya membantu memutihkan gigi dan sebagai obat alami menghilangkan karang gigi saja. Buktinya, baking soda atau soda kue bisa digunakan untuk menyembuhkan gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan baking soda, yaitu dengan mencampur bubuk baking soda dengan air hangat. Tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga tercampur rata. Gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan 2 kali sehari selama mengalami bengkak dan nyeri maka akan membantu mengatasi gusi bengkak sembuh dengan cepat.

(Fitri Nursiyami)

Comments

comments