Cara Alami Mengatasi Diare

Ilustrasi. (Istimewa)

Diare merupakan salah satu penyakit saluran pencernaan yang umum ditemukan dimana keadaan feses berubah menjadi lebih encer tau lembek dan dalam frekuensi buang air besar sering lebih dari 3 kali sehari. Diare juga dialami dengan merasakan mulas yang amat sangat pada perut. Diare bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.

Apa anda pernah mengalami diare ? diare sangatlah mengganggu aktivitas dan mengakibatkan terjadinya dehidrasi jika tidak diimbangi asupan cairan kedalam tubuh dapat mengakibatkan kejadian fatal yang mengancam nyawa seseorang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan diare seperti bakteri, virus, jamur, mengkonsumsi makanan yang mengandung toksik/beracun, kurangnya kebersihan diri dan lingkungan. Untuk mengatasi diare secara alami anda bisa lakukan sendiri. Berikut adalah cara alami mengatasi diare.

1. Larutan oralit

Oralit atau larutan gula garam merupakan obat diare yang sangat efektif untuk mencegah dehidrasi. Prinsip utama penanganan Diare adalah bagaimana untuk mengganti cairan dan elektrolit yang keluar sehingga penderitanya tidak terjadi dehidrasi. Anda dapat membeli oralit yang sudah dalam kemasan di apotek atau dapat anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Caranya siapkan 1 gelas air matang lalu masukkan 2 sendok teh gula pasir dan ½ sendok ten garam dapur. Aduk bahan yang dimasukkan tersebut hingga merata lalu minumkan pada penderita diare hendaknya sesering mungkin minum oralit ketika menderita diare terutama setelah buang air besar.

2. Kunyit

Bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati diare adalah kunyit . Bahan ini selain dimanfaatkan sebagai bumbu makanan, memang sudah lama dikenal sebagai tanaman obat. Untuk mengobati diare menggunakan kunyit. Caranya parutlah kunyit sampai halus, kemudian seduh dengan air panas dan aduklah sampai rata lalu diamkan. Sebagai perasa bisa anda tambahkan gula jawa secukupnya kemudian tutup dan diamkan selama 15 menit kemudian minumlah.

3. Daun jambu biji

Daun jambu biji sudah sering digunakan sebagai obat diare sejak jaman dahulu secara turun-temurun. Untuk mengobati diare menggunakan daun jambu biji caranya yaitu cari beberapa daun jambu biji yang masih muda, lalu cuci sampai bersih. Anda dapat mengkonsumsi daun jambu biji secara langsung dengan megoleskan pada garam sehingga rasanya tidak terlalu sepet/pahit. Atau juga dapat membuat ramuan jambu biji untuk mengobati diare. Caranya yaitu rebus beberapa daun jambu biji tadi ke dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian disaring dan diambil airnya dan minum secara teratur.

4. Cuka apel

Cuka apel adalah cara alami mengatasi diare. Caranya sangat mudah, cukup mencampur beberapa tetes air cuka apel ke dalam air putih, dan meminumnya. Lakukan cara ini secara berkala untuk mengatasi diare.

5. Yogurt

Yogurt adalah susu yang telah mengalami fermentasi sehingga mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi pencernaan. Yogurt selain rasanya yang enak bakteri baik yang terkandung dalam yogurt akan melawan bakteri jahat penyebab diare. Minum yogurt 3 kali dalam sehari . (Fitri Nursiyami)

Comments

comments