Cara Alami Mengatasi Bisul

(Istimewa)

Bisul sering dikenal juga dengan istilah abes kulit (abscessus). yaitu sebuah benjolan atau bis aterdiri dari beberapa benjolan pada bebberapa permukaan kulit yang berisi nanah dan menimbulkan rasa sakit. Benjolan ini muncul karena adanya infeksi yang memicu inflamasi pada folikel rambut atau lubang yang terdapat rambut tubuh. Bisul bisa muncul dimana saja tetapi bisul lebih sering muncul pada kulit yang berbulu seperti area wajah, kelopak mata ( Bintitan ), lubang hidung, kepala, leher, ketiak, bahu, bokong, antara pantat (Pilonidal Cyst), dan paha.

bisul disebabkan oleh bakteri “Staphylococcus Aureus”, sejenis bakteri yang biasa ditemukan pada kulit dan didalam hidung. Infeksi bakteri ini muncul akibat bakteri masuk lewat pori-pori kemudian menginfeksi akar rambut (folikel rambut) atau kelenjar minyak pada kulit . Masuknya bakteri ini mungkin lebih dikarenakan kebersihan tubuh dan lingkungan yang kurang terjaga, atau bisa juga karena kulit tersebut telah rusak akibat cedera kecil, bisa karena garukan pada Biang Keringat , karena mencabuti bulu atau karena gigitan serangga yang membuka akses kuman atau bakteri masuk kedalam permukaan kulit. Dalam proses penanganan Bisul Anda dapat mengatasi Bisul secara alami. Berikut adalah beberapa cara mengatasi bisul secara alami.

1. Asam Jawa

Mengobati bisul kita dapat menggunakan asam kawak. Asam kawak ialah biji asam jawa yang sudah diolah sehingga warnanya berubah menjadi hitam, bukan coklat. Ambil asam kawak sebesar telur burung puyuh lalu direndam dalam air hingga mengembang. Rebus bersama 5 iris temulawak dan gula aren secukupnya agar manis. Minum air rebusan tersebut 1 kali sehari. Untuk obat luar, campurkan asam kawak, minyak kelapa dan garam secukupnya. Kemudian tempelkan pada bisul, biarkan hingga mengering dengan sendirinya.

2. Lidah buaya

Obati bisul dengan menggunakan lidah buaya yang memiliki kandungan mineral alami, vitamin dan antioksidan yang kaya manfaat. Salah satu manfaat tersembunyi lidah buaya adalah bisa mengatasi bisul, bahkan dalam kondisi yang parah sekalipun. Oleskan daging lidah buaya secara rutin ke area bisul, lakukan secara terus menerus. Tempelkan halusan daging lidah buaya lalu tutup dengan kain halus.

3. Temulawak

Temulawak biasa digunakan untuk minuman herbal berkhasiat, khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperit kunyit, jahe, kencur, lengkuas, dan juga rempah lainnya, khasiat temulawak sangatlah besar. Salah satunya bisa dijadikan obat bisul alami. Cara menggunakannya adalah dengan menyediakan 1 ruas temulawak lalu iris menjadi tipis, rebus dengan menggunakan 2 gelas air bersama gula aren, angkat dari api lalu masukan seibu jari asam jawa, setelah agak dingin saring dan minum sekaligus.

4. Mentimun dan biji pala

Timun bisa digunakan untuk mengobati bisul karena mengandung anti inflamasi yang tinggi dan gunanya untuk mencegah peradangan di kulit. Sementara itu biji pala memiliki kandungan anti bakterial dan bisa melawan infeksi. Cobalah haluskan timun beserta biji dan kulitnya lalu campur dengan biji pala, bungkus ramuan dengan menggunakan daun pisang, panggang bungkusan hingga hangat, oleskan ke area bisul secara merata. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Tempuyung atau tanaman jombang

Tanaman ini baik khasiatnya untuk mengobati kencing batu, inilah alasan mengapa tanaman ini disebut gempur batu. Selain bermanfaat untuk kencing batu, batang dan daunnya juga bermanfaat untuk obat bisul alami. Cara mengatasi bisul dengan tempuyung adalah Haluskan daun dan batang tempuyung dengan menggilingnya, lalu peras halusan tempuyung tadi, oleskan air perasannya ke bagian bisul. Sedangkan ampasnya bisa ditempelkan, tunggu hingga kering sempurna lalu bilas dengan air hangat.

6. Daun sirsak

Daun sirsak mengandung senyawa yang ampuh mengatasi kanker dan tumor. Kandungan tersebut juga bisa untuk mengobati bisul secara alami. Cara mengobati bisul dengan daun sirsak adalah Sediakan daun sirak segar secukupnya, lalu tumbuk hingga halus dan tempelkan halusan tersebut ke bagian bisul hingga kering, dan bilas menggunakan air hangat hingga benar benar bersih.

7. Bawang putih

Bawang putih dapat menjadi obat antibiotic alami untuk menyembuhkan bisul. Aroma khas dan menyengat ini baik untuk membantu meringankan bisul dengan cukup efektif, karena bawang putih bersifat antibakteri, anti virus dan juga antiseptik alami yang mana dapat membunuh bakteri, parasit atau benda asing lainnya yang menyebabkan terjadinya infeksi. Caranya daengan menumbuk beberapa suing bawang putih segar (sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda) dan balurkan tumbukan bawang putih tersebut pada area kulit yang terinfeksi bisul.
(Fitri Nursiyami)

Comments

comments