Beranda Kesehatan Bakteri dan Kuman Dibalik Penggunaan Hand Dryer

Bakteri dan Kuman Dibalik Penggunaan Hand Dryer

Ilustrasi. (Istimewa)

Tangan merupakan media penghantar utama penularan penyakit, karena tangan sering melakukan aktivitas langsung dengan berbagai kuman. Pada masing-masing telapak tangan setiap orang terdapat sekitar 500.000 bakteri. Untuk mengatasi berbagai resiko penyakit tersebut maka biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

Kebiasaan mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sangat baik. Apalagi sangat dianjurkan ketika mau makan. Pernahkah anda pergi ketempat restorant menemukan wastafel dan hand dryer atau pengering tangan ? Bisa jadi anda sering menggunakannya setelah mencuci tangan agar cepat kering. Tahukah anda di balik penggunaan hand dryer yang praktis ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Banyak orang tidak mengetahui bahwa hand dryer adalah penyebar bakteri dan kuman yang sangat cepat bisa mencapai jutaan bakteri dalan waktu 4 jam, bahkan melebihi handuk dapur serta benda-benda lain yang cukup berumur dan tempat bersarangnya kuman.

Dilansir telegraph.co.uk, hal tersebut telah dibuktikan dari hasil penelitian University Of Leeds School Of Medicine, bahwa hand dryer dapat mencemari udara bahkan penyebaran 27 kali lebih cepat. Penelitian itu dilakukan dengan cara melumuri tangan seorang peneliti dengan bakteri, setelah itu tangan dikeringkan menggunakan hand dryer dan hasilnya udara di sekitar mesin tersebut mengandung 27 persen bakteri lebih banyak dibandingkan bakteri yang terdapat di tisu toilet.

Dari hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan bahwa bakteri masih tetap ada bahkan 15 menit setelah hand dryer digunakan bahkan sebelum digunakan bakteri sudah ada didalam mesin tersebut dan setelah digunakan justru membuat bakterinya berterbangan di udara, hal itu diperkuat dengan udara hangat yang keluar yang sangat disukai oleh bakteri untuk berkembang biak.

Seperti yang dikatakan oleh pemimpin penelitian tersebut yaitu Profesor Mark Wilcox “Tangan anda ditempeli dengan begitu banyak kuman dan bakteri, dengan mesin pengering akan membuat bakteri menyebar bahkan jika anda harus mencucinya. Belum lagi jika alat ini digunakan oleh banyak orang dan anda menekan tombol yang sama. Hal ini sama seperti anda memegang gagang pintu yang telah disentuh oleh banyak orang,” ia juga menambahkan bahwa bakteri sangat suka hidup ditempat-tempat hangat dengan suhu antara 30-50 derajat celcius sehingga sangat cocok untuk berkembang biak.

Jadi , langkah aman untuk mengeringkan tangan sebaiknya menggunakan tisu yang higenis agar bakteri jahat yang menempel tidak tersebar ke udara dan membiarkan tangan kering dengan sendirinya agar terhindar dari bakteri dan virus yang ada disekelilinya serta hemat energi. (Fitri Nursiyami)

Komentar

komentar