Bagaimana Menjadi Pemuda yang Produktif?

Ilustrasi.

Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Masa ini juga merupakan masa berekspresi dan pencarian jati diri. Banyak muncul ide-ide kreatif dan inovatif dari para remaja. Namun tidak sedikit pula remaja yang menghabiskan waktunya untuk kegiatan yang tidak bermanfaat, bahkan mungkin merugikan diri sendiri dan orang lain.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, kita harus menyadari pentingnya menjadi remaja yang produktif. Yaitu remaja yang memaksimalkan waktunya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. So how to be a productive teenager?

Tentukan Targetmu!

Target merupakan bagian dari rencana yang disusun secara terukur yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan bahwa target merupakan rencana pribadi seseorang. Rencana yang dibuat sebaiknya menantang namun tetap terukur, sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Akan lebih baik jika target memiliki jangka waktu pencapaian. Dengan adanya jangka waktu pencapaian membuat kita semakin termotivasi untuk segera menyelesaikan target tersebut.

  • Tulis targetmu dalam selembar kertas dengan jelas dan terperinci.
    Menuliskan terget secara terperinci dapat membuat target itu menjadi kenyataan. Jangan hanya menulis “Mendapatkan nilai Ujian Nasional 38,00”, karena itu masih terlalu umum.
    Kita dapat menuliskannya seperti ini, “Target nilai ujian nasionalku adalah 38,00 dengan nilai Matematika 9,20; Bahasa Indonesia 9,40; Bahasa Inggris 9,60; dan IPA 9,80”.
  • Sertakan waktu pencapaian target tersebut.
    Misalkan: “Aku akan memiliki butik impianku pada tahun 2020”.
  • Beri apresiasi diri ketika kita telah mampu menyesaikan target sesuai dengan harapan.
BACA JUGA:  Dana Haji Sebagai Alat Investasi

Membuat Rencana Harian.

Membuat daftar tugas atau to do list adalah salah satu cara yang paling efektif dan sudah terbukti. Kita bisa membuat daftar tugas setiap malam hari sebelum tidur. Dengan begitu esok hari kegiatan kita akan lebih teratur sesuai dengan daftar tersebut.

  • Tuliskan apa saja yang harus kalian lakukan setiap harinya.
    Misalkan: Sekolah, pergi ke tempat les, menyelesaikan tugas matematika, membeli kado ulang tahun ibu.
  • Tulis dengan jelas dan terperinci, lalu urutkan sesuai dengan prioritas.
BACA JUGA:  Minat Membayar Zakat pada Lemabaga Amil Zakat

Gunakan Waktu Luang Dengan Baik

Waktu tidak dapat diputar kembali, jangan sampai kita membuang waktu dengan melakukan hal yang yang sia-sia. Kita dapat memanfaatkan waktu dengan melakukan hal-hal yang kita suka, seperti berenang, menggambar, bermain alat musik. Atau melakukan hal-hal yang dapat menambah kapasitas diri, seperti membaca buku dan mendengarkan berita.

Bersosialisasi

Bersosialisasi merupakan aspek yang penting dalam kehidupan remaja, karena akan mempengaruhi kemampuan bertindak dan berbicara. Tentu akan berbeda seorang remaja yang sering bersosialisasi dengan remaja yang hanya berdiam diri di rumah. Namun jangan lupa untuk memilih kegiatan yang dapat memberikan dampak positif, seperti remaja masjid, karang taruna, atau kerja bakti.

BACA JUGA:  Wanita Era 45 Hingga Milenia

Dengan mengikuti kegiatan sosial seperti itu kita akan mendapatkan teman baru, menambah pengalaman, bahkan dapat melihat kehidupan dengan sudut pandang yang berbeda. Manfaat ini akan menambah kapasitas diri dan menjadi lebih dewasa. Jadi sudah siap kah kita menjadi remaja yang produktif?

Ditulis oleh: Riezqie Ayu Samodraningtyas

Komentar

komentar