Adipura, Prestasi Sekaligus Tantangan

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: San/DepokPos))

DEPOK – Untuk pertama kalinya dalam 18 tahun sejarah berdirinya, Kota Depok berhasil meraih penghargaan piala Adipura. Meski begitu, Wali Kota Depok Mohammad Idris justru mengatakan bahwa dirinya merasa cemas atas raihan tersebut.

“Alhamdulillah kota Depok meraih Piala Adipura. Kami merasa gembira, haru, tapi juga cemas. Cemas karena prestasi ini juga menjadi sebuah tantangan,” ujar Idris dihadapan wartawan saat akan memulai pawai Adipura keliling Depok menuju Balai Kota Depok.

Soal kecemasannya tersebut, Idris menjelaskan bahwa diriya merasa cemas karena persoalan sampah di kota besar seperti Depok, bukanlah persoalan sesaat, tetapi persoalan yang berkesinambungan dan tak akan pernah berhenti.

BACA JUGA:  Kota Depok Boyong 61 Medali di Porda Jabar 2018

“Hanya sekarang Adipura adalah Adipura dalam perspektif pembangunan sustainable. Ini tantangan yang agak berat. Bagaimana kita bisa merawat dan mempertahankan penghargaan ini sampai kepada sebuah kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah, dan memiliki pola hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Atas dasar tersebutlah orang nomor satu di Kota Depok ini mengatakan bahwa kedepannya adalah bagaimana semua pihak bisa memberikan semangat kepada bank-bank sampah, pengelola UPS, TPA, dan masyarakat.

“Kami akan terus menggelorakan kebiasaan hidup bersih dan sehat juga pengelolaan sampah, sehingga Kota Depok bisa mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi ini.,” pungkasnya. (San)

BACA JUGA:  Rumah Zakat Kirim 30 Ton Paket Superqurban dan 15 Truk Bantuan Logistik untuk Palu - Donggala

Comments

comments