Beranda Kesehatan 6 Dampak Negatif Begadang Bagi Kesehatan

6 Dampak Negatif Begadang Bagi Kesehatan

Ilustrasi. (Istimewa)

Di era modern seperti sekarang ini begadang mungkin menjadi hal yang biasa dilakukan oleh orang yang memiliki pekerjaan yang padat atapun tugas-tugas yang tidak ada habisnya, bahkan tidak sedikit pula orang yang menghabiskan waktu seharian hanya untuk bekerja, belajar maupun melakukan hal-hal lainnya yang menyebabkan dan mengharuskan mereka mengurangi jam tidurnya. Bagi kalangan remaja, istilah begadang merupakan hal yang umum dilakukan, mereka menghabiskan waktu sepanjang malam hanya untuk nongkrong atau pun bersenang-senang dipinggir-pinggir jalan, cafe, maupun tempat-tempat hiburan lainnya. Saking sibuk dan terbiasanya sampai-sampai tidak memperdulikan dampak negatif dari begadang itu sendiri. Selain dapat membuat kesehatan fisik kita menurun dan stres mental, ternyata masih ada lagi dampak negatif begadang yang dapat membahahayakan tubuh. Bahkan jika di lakukan terus menerus sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan penyakit yang mematikan.

Berikut 6 dampak negatif begadang bagi kesehatan:

Kelelahan dan menurunnya sistem kekebalan tubuh

Hal ini dikarenakan tubuh di paksa bekerja terus menerus tanpa ada jeda waktu untuk tubuh beristirahat. Dampaknya daya tahan tubuh menurun dan hal tersebut membuat tubuh rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus. Seperti flu, hepatitis, infeksi paru-paru demam dan lain-lain.

Insomnia

Kebiasan begadang juga dapat mempengaruhi jam tidur seseorang. Apabila suatu ketika ia harus atau ingin tidur lebih awal dari biasanya, ia akan kesulitan melakukannya. Hal ini dikarenakan tubuh telah beradaptasi dengan kebiasaan begadang selama ini.

Sakit kepala

Kurang tidur yang terus menerus dapat mengakibatkan rusaknya sel otak sehingga dapat menimbulkan gangguan pada kepala, seperti pusing ataupun sakit kepala. Hal ini dikarenakan otak kurang mendapatkan waktu untuk beristirahat.

Peningkatan berat badan

Kurang tidur juga dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme lemak di dalam tubuh. Hal ini akan membuat rasa lapar cenderung meningkat, yang akhirnya berdampak pada bertambahnya berat badan.

Penyakit Jantung dan Stroke

Keseringan begadang dapat menimbulkan penyakit sangat mematikan. Kurang tidur malam bisa berpengaruh pada kesehatan jantung. Waktu tidur malam yang kurang dari enam jam dapat menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat resiko penumpukan plak yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah manusia menjadi meningkat. Hal ini dikarenakan meningkatkan kadar protein C-kreatif (CPR) dalam tubuh.

Selain itu kurang tidur malam juga mengakibatkan gejala apnea, dimana udara yang masuk kedalam paru-paru saat tidur melalui hidung dan mulut sangat sedikit jumlahnya.

Penyakit Alzheimer

Dr. Yo-El Ju, seorang profesor dari Neurology Washington University, menyatakan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan resiko plak yang disebabkan oleh adanya penumpukan protein di otak. Hal ini diduga bisa menyebabkan kerusakan sel otak, bentuk yang ada pada Alzheimer, yang biasanya tertimbun selama 10-15 tahun.

Berikut beberapa dampak negatif begadang bagi kesehatan. Jagalah kesehatan tubuh anda. Sesibuk apapun anda, usahakan luangkan waktu untuk beristirahat. (Aditia Rahman Allawi)

Komentar

komentar