5 Fase yang Dilalui Seorang Pengusaha

Ilustrasi.

Apa anda seorang pengusaha? Atau mau jadi pengusaha? Banyak yang mau jadi pengusaha tetapi sedikit sekali yang berani bertindak. Sebelum anda bergerak lebih jauh dan menyelami lebih dalam, anda harus tahu diposisi manakah anda sekarang. Kenapa? Supaya anda bisa mengencangkan ikat pinggang anda untuk bisa naik ke level berikutnya. Bersiaplah menuju tantangan yang lebih dahsyat!

Secara umum 5 fase yang biasa di lewati pengusaha dalam membangun bisnisnya, di antara motivating, starting, stabilizing, leveraging, dan freedom. Fase-fase ini menunjukan proses seorang PEMIMPI menjadi seorang PEBISNIS. Mari kita bahas satu persatu, chek it out!

Motivating

Anda punya mimpi yang besar untuk jadi pengusaha? Berarti anda sedang berada di fase pertama. Apa sih motivasi kita dalam membangun usaha? Biar keren? Ingin bebas finansial? Membahagiakan orang tua? Atau ingin punya banyak uang biar bisa sedekah 1 M perbulan?

Masing-masing orang punya motivasi yang berbeda untuk menjadi pengusaha, hal ini di pengaruhi beberapa faktor diantaranyakaren pola berfikir dan lingkungan anda yang sekarang menentukan siapa anda di masa yang akan datang.

Pada tahap ini perlu adanya perncanan untuk membangun visi-misi. Namun, terlalu berlarut di fase ini membuat anda menjadi seorang PEMIMPI, tidak lebih. Action! Mulailah menyicil goal setiing yang anda buat sendiri!

Starting

Di fase ini anda sudah mulai action dengan modal apa saja yang di miliki dan apa saja yang bisa di lakukan. Intinya yang penting Jualan. Setidaknya anda sudah berani memulai dan tidak lagi menjadi Dreamer. Mental pengusaha sudah di tangan. ‘’ Tapi saya bingung ni mau jualan apa..’’ pertanyaan ini sering banget muncul dikalangan para dreamer. Pilijlah produk yang anda cintai, ika anda tidak mencintai dan benar-benar mempercayai produk anda, tidak mungkin anda akan berhasil menjualnya. Udah mempunyai gambaran? Yuk praktek!

Stabilizing

Menstabilkan bisnis yang sudah berjalan merupakan suaatu keharusan bagi para pengusaha. Mulailah memikirkan bagaimana caranya agar bisnis tetap hidup dan tumbuh. Tujuannya? Biar istilah ini nantinya bisa di pake, bisnis jalan, ownernya jalan-jalan . Mau punya biasa aja atau punya system yang bagus? Faktanya, manusia tidak pernah puas! Focus dan lakukan perbaikan demi perbaikanuntuk hasil yang lebih baik agar bisa sedekah 1 M.

Leveraging

Jika anda bersungguh-sungguh ingin naik level dan mengembangkan bisnis, anda perlu memutar otak untuk mencapai itu semua. Selalu saja ada tantangan di antara peluang-peluang yang ada. Kita harus bergerak cepat melakukan duplikasi bisnis. Sistemnya tentu di sesuaikan dengan bisnis masing-masing. Pada dasarnya fase ini untuk mengendalikan bisnis agar tetap eksis dan bisa mengembangkangkan sayapnya.

Freedom

Pada fase ini, usaha anda bisa tumbuh dinamis dan dapat mengikuti setiap perubahan seperti market demand, pesaing, stuktur indrustri dan lain sebagainya. Anda sudah bisa menikmati kebebasan anda sebagai seorang pengusaha. Pada akhirnya anda benar-benar bisa menikmati Bisnis Jalan ‘’Ownernya jalan-jalan’’.

Ditulis oleh: Adibah al Khoeriyah, mahasiswa STEI SEBI

Comments

comments