Beranda Feature 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Wanita Saat Berkendara

10 Hal yang Perlu Diperhatikan Wanita Saat Berkendara

Ilustrasi. (Istimewa)

Pada zaman yang semakin modern ini, banyak hal dibuat lebih praktis. Diantaranya ialah bepergian dengan menggunakan kendaraan. Kendati transportasi umum yang mulai ditinggalkan, berkendara dengan sepeda motor lebih banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Terutama di daerah perkotaan, masyarakat akan lebih memilih menaiki sepeda motor guna menghindari kemacetan. Kendati demikian, menggunakan sepeda motor saat bepergian memiliki resiko yang lebih tinggi daripada berkendara menggunakan mobil pribadi maupun angkutan umum.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengendara sepeda motor yang sangat banyak, juga padatnya jalanan serta laju kendaraan yang kencang membuat para pengguna sepeda motor amat rentan terkena kecelakaan.

Tidak mau kalah dengan para lelaki, kaum perempuan pun tak kalah ramai mengendara sepeda motor untuk memenuhi keperluan sehari-hari; bekerja, belajar, maupun hanya sekedar berbelanja. Sepeda motor matic yang di-desain awalnya untuk kaum hawa pun, menjadi pilihan sepeda motor yang paling diminati. Selain pemakaiannya yang relatif mudah, harganya pun cukup terjangkau. Tidak heran apabila banyak sekali sepeda motor kita dapati di jalan yang ramai.

Namun, ternyata wanita juga jauh lebih rentan untuk mengalami kecelakaan lalu lintas. Hal ini dapat terjadi dengan salah satu penyebab utamanya ialah sifat dan sikap wanita yang jauh berbeda dengan laki-laki. Wanita memiliki tingkat emosional yang tinggi. Selain itu, wanita juga tidak mudah mengalah ketika ketahuan bersalah. Lebih merepotkan lagi apabila kecelakaan yang terjadi cukup serius.

Nah, berikut terdapat sejumlah tips mengenai hal-hal yang sangat perlu anda perhatikan dalam mengendarai sepeda motor ;

  • Pakaian

Pastikan pakaian yang anda kenakan cukup menutupi tubuh anda. Lebih baik mengenakan pakaian panjang seperti celana panjang daripada celana pendek selutut, karena apabila anda terjatuh dari sepeda motor maupun mengalami kecelakaan di jalan, pakaian anda akan meminimalisir luka yang diderita akibat benturan di jalanan. Namun jika anda mengenakan rok maupun gamis, pastikan anda mengenakan celana panjang sebagai dalaman agar lebih aman berkendara.

Untuk muslimah yang berkendara mengenakan gamis, pastikan gamis yang dipakai tidak terlalu lebar. Rok/bagian bawah gamis yang terlalu lebar akan beresiko tersangkut kendaraan dan berakibat fatal. Selain tersangkut roda kendaraan, pakaian yang terlalu lebar dan dibiarkan berkibar akan terkena knalpot motor anda dan membuatnya bolong oleh panas knalpot. Anda tentu tidak menginginkan kedua resiko tersebut.

Namun apabila pakaian yang anda kenakan memang cukup lebar, anda dapat mengatasi hal ini dengan menjepitnya kedalam kaki anda, maupun dilipat untuk anda dudukkan diatas sepeda motor. Hal ini dapat menahan kain pakaian anda yang akan membahayakan nyawa anda. Pastikan anda mengeceknya beberapa kali saat di jalan.

  • Masker

Jalanan perkotaan yang ramai menimbulkan polusi yang berbahaya. Secara berkesinambungan, polusi ini akan memberikan efek negatif pada tubuh anda; pada paru-paru maupun wajah anda. Oleh karena itu, pastikan anda selalu menyediakan masker motor dan mencucinya secara rutin. Dengan menggunakan masker, debu dan kotoran dijalan akan diminimalisir terhirup langsung oleh anda.

  • Helm

Bepergian jauh maupun dekat, helm adalah benda yang tidak boleh anda tinggalkan. Selalu kenakan helm berstandar agar menjaga anda tetap aman di sepanjang perjalanan. Helm yang besar dan berat mampu menutupi kepala anda sekaligus melindungi dari benturan yang keras langsung mengenai kepala anda ketika terjatuh.

  • Jaket

Gunakanlah jaket meski panas pada siang hari. Jaket akan melindungi tubuh anda dari panas matahari langsung yang sangat terik. Saat hujan, anda juga tidak akan langsung basah kuyup melainkan tubuh anda telah terlindungi oleh jaket. Selain itu, apabila anda mengenakan jilbab, jaket akan menahan jilbab anda beterbangan sehingga anda tidak perlu khawatir merapikan jilbab anda akan berkibar-kibar oleh angin.

  • Sepatu

Alas kaki yang dikenakan wanita amat beragam. Namun, gunakanlah sepatu yang menutupi kaki anda saat berkendara. Hindari sepatu ber-hak tinggi dan juga sandal jepit karena akan membuat anda kerepotan saat berkendara. Mengenakan sepatu ketika mengendarai motor akan melindungi kaki anda secara keseluruhan. Sepatu juga akan meminimalisir luka apabila anda terjatuh dari motor.

  • Tas & Dompet

Hindari meletakkan dompet di kantong motor, pencuri akan mudah mengambilnya ketika sedang berpapasan dengan anda. Tas tali atau selempang juga beresiko tinggi untuk dicopet ditengah jalan, selain tas yang mudah ditarik, nyawa anda juga dapat melayang apabila anda terjatuh saat berkendara akibat ditarik pencopet.

  • Berdo’a

Jangan lupa berdo’a ketika memulai bepergian, kemanapun. Dengan berdo’a hati akan menjadi lebih tenang. Do’a juga dapat melindungi kita dari ancaman di perjalanan yang tak dapat kita kendalikan. Maka berdo’alah menurut kepercayaan masing-masing.

  • Spion

Jangan lupa pada atribut kendaraan anda. Spion misalnya, benda ini penting untuk anda mengecek kendaraan disamping maupun dibelakang anda.

  • Motor

Pastikan atribut kendaraan anda lengkap, terutama ketika anda akan melakukan perjalanan yang cukup jauh. Seperti STNK dan SIM. Selain itu, anda perlu mengecek kendaraan anda ke bengkel secara rutin untuk di-servis. Hal ini diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, mogok ditengah jalan misalnya.

  • Fokus

Terakhir, fokuslah dalam berkendara. Fokus dalam berkendara akan membuat anda nyaman dan rileks sehingga anda tidak terburu-buru dan membuat pengendara motor yang lain juga nyaman. Senantiasa perhatikan rambu lalu lintas dan kecepatan kendaraan anda. Selamat berkendara! (Kahla Karimah)

Komentar

komentar