Uji Coba Jalur Satu Arah di Depok Berjalan Lancar

(Foto: Dishub)

DEPOK – Uji coba penerapan jalur dengan Sistem Satu Arah (SSA) pada dua ruas jalan utama di Kota Depok yang mulai dilakukan Sabtu (29/7). Secara umum, uji coba tersebut berjalan dengan lancar, namun sosialisasi akan terus dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok.

Demikian ditegaskan Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Akhmad Zaini yang mengatakan bahwa dua ruas jalan yang diberlakukan SSA adalah Jalan Dewi Sartika satu arah ke arat timur dan Jalan Nusantara Raya satu arah ke selatan. Sementara untuk arus lalu lintas di Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika terpantau lancar dan kondusif di hari pertama penerapan SSA.

BACA JUGA:  Ust. Zaitun Rasmin Ajak Umat Islam Bela dan Lindungi Kota Suci Secara Adil dan Seimbang

“Dari pantauan yang dilakukan di hari pertama, pemberlakuan SSA ini tidak terlalu banyak kendala. Arus lalu lintas terpantau lancar, walaupun masih ada beberapa kendaraan roda dua yang masih memaksakan masuk melalui Jalan Nusantara. Memang masih perlu sosialisasi dan penyesuaian dari pengemudi kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” tuturnya, Sabtu (29/07/17).

Lebih lanjut dirinya menambahkan, uji coba Sistem Satu Arah (SSA) tersebut akan diberlakukan selama 1 sampai 2 minggu ke depan. Pihaknya juga menurunkan 200 personel untuk membantu mengatur lalu lintas di ruas-ruas jalan yang diberlakukan SSA.

BACA JUGA:  26 Finalis Abang Mpok Depok 2018 Diharapkan Mampu Kembangkan Sektor Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Depok

“Memang masih butuh penyesuaian dari masyarakat, karena masih ada beberapa masyarakat yang belum tahu. Nanti setiap harinya kita akan melakukan evaluasi terus terkait kinerja jaringan jalan seperti kecepatan kendaraan, waktu tempuh, posisi antrean hingga sarana perlengkapan jalan,” ujarnya.

Sementara dari pantauan DepokPos di lokasi uji coba SSA Sabtu siang, Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara memang terpantau lebih lancar dari hari-hari sebelumnya terutama di akhir pekan yang biasanya memang lebih ramai dari hari biasa.

Meski begitu, kemacetan disekitar pintu perlintasan memang tetap tak bisa terelakkan mengingat setiap 10-15 menit sekali lewat kereta commuter line yang berimbas pada penumpukan disekitar pintu kereta dan menyebabkan antrian hingga kereta lewat. (San)

BACA JUGA:  Pemkot Depok Siap Bantu Pembiayaan Siswa Miskin, Ini 4 Syarat yang Harus Dipenuhi

Comments

comments