Tips Merawat Tumit Agar Tak Pecah-pecah

Ilustrasi. (Istimewa)

Sejumlah orang kerap mengalami masalah seputar kaki salah satunya tumit pecah. Tumit pecah adalah suatu keadaan klinis yang ditandai dengan terdapatnya fisura pada tumit. Tumit pecah-pecah menimbulkan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri ketika memakai sendal atau sepatu terbuka apalagi disertai rasa gatal perih sehingga sulit untuk berjalan.

Tumit pecah-pecah disebabkan oleh beberapa faktor seperti udara kering, kurang kelembapan, perawatan kaki yang tidak tepat, penuaan. Pada umumnya , karena kulit kering dan mengeras di sekitar pergelangan kaki bagian belakang hingga tumit. Kulit pada tumit lebih tebal dibandingkan punggung kaki dan telapak tangan, namun ketika ada tekanan terus menerus kulit tumit jadi mengeras dan menimbulkan efek retak atau pecah pecah. Tumit sangatlah bekerja keras untuk menompang badan ketika berdiri atau berjalan maka perlu mendapatkan perhatian ekstra.

Berikut tips merawat tumit.

1. Buang bagian kulit kering yang sudah tidak sehat lagi. Sebelum tidur, Coba rendam kaki di air hangat selama 15 – 20 menit. Kemudian lakukan eksfoliasi atau pengelupasan menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan kering pada area kaki. Hati-hati pada bagian yang sudah luka, apalagi berdarah. Lebih baik menghindari bagian tersebut. Untuk mengikis sel-sel kulit mati dan kulit yang kapalan, kaki bisa dogosok menggunakan scrub atau batu apung.

2. Jaga kebersihan kaki dan usahakan tetap kering. Cuci kaki setiap hari dengan air hangat dan keringkan, terutama diantara jari kaki. Oleskan krim (cream) atau lotion pelembab pada kaki yang kering untuk menjaga kulit tetap halus dan lembut. Lotion yang melembabkan akan mencegah kulit kering yang menyebabkan tumit pecah-pecah.

3. Jangan terlalu lama berendam di air panas. Air panas juga membuat kulit di tumit menjadi kering. meski menenangkan, sebaiknya berendam air panas tidak terlalu lama. Bukan hanya tumit, berendam air panas terlau lama membuat seluruh kulit tubuh jadi kering.

4. Pakailah sepatu yang nyaman di kaki. Podiatrists menyarankan untuk memakai sepatu yang tertutup dibagian belakang. Usahakan menggunakan alas kaki saat mencuci atau membersihkan lantai.

5. Jangan lupa untuk banyak minum air putih setidaknya dua liter sehari. Air putih akan membantu melembabkan kulit, tidak hanya tumit tapi seluruh tubuh, dari dehidrasi.

Comments

comments