Beranda Kesehatan Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi. (Istimewa)

Mata merupakan organ penglihatan yang paling penting yang tidak bisa tergantikan dengan suatu apapun. fungsi Mata untuk Indra Penglihata dimana kita bisa melihat indahnya Alam Semesta ini. karena itu wajib hukumnya bagi kita yang telah diberikan suatu Anugrah kesempurnaan oleh Tuhan untuk terus bersyukur dan menjaga baik-baik pemberiannya.

Memiliki Mata yang sehat merupakan dambaan semua orang namun banyak dari kita kurang menjaganya dengan baik, dan sering lupa untuk melakukan perawatan mata. padahal seperti halnya bagian tubuh yang lain, mata mungkin saja terkena gangguan atau masalah kesehatan yang disebabkan oleh udara, radiasi sinar matahari, barang elektronik, dan ganguan-gangguan lain. ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata berikut diantaranya.

1. Periksalah Mata setiap 12 bulan
Masalalah penglihatan yang tidak cepat ditangani akan berkembang menjadi semakin parah, maka dari itu hindari memakai lensa kotak dan juga kacamata yang sudah tidak cocok karena hal itu dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.

2. Nutrisi untuk Mata
Studi baru-baru ini menyebutkan bahwa Vitamin. dan kelompok Antioksidan bisa mencegah dan memperlambat Degenerasi Makular serta pertumbuhan Katarak. Nutrisi ini baik untuk tubuh dan mata.

3. Penggunaan cahaya yang cukup
Hindarilah bekerja dengam cahaya minim ataupun terlalu terang karena menyebabkan kelelahan mata. penggunaan cahaya yang baik jika bekerja menggunakan komputer sebaiknya cahaya dari arah samping dengan lampu meja bercahaya cukup. kurangi tingkat cahaya di monitor.

4. Istirahatkan Mata
Banyak orang yang merasakan mata menjadi lelah setelah duduk seharian didepan layar Komputer. hal ini dikarenakan ketika didepan Komputer mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya dan menyebabkan mata menjadi kering untuk mengatasinya tutup mata anda sekitar 5 detik lalu membukanya kembali.

5. rawatlah dengan baik, jika menggunakan lensa kotak
Lensa kotak sebenarnya tidak begitu merepotkan, namun kebersihannya harus selalu dijaga. bersihkan Lensa Kota setiap kali akan memakai taupun melepaskannya. dan selalu menjaga cairannya sebelum tidur dimalam hari.

6. Jaga Jarak Pandang
Rabun merupan salah satu jenis penyakit mata yang disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang buruk, contohnya nonton TV terlalu dekat, main Vidio game, ataupun membaca buku, bahkan melihat layar monitor Komputer atau Laptop yang terlalu dekat.

7. Gunakan Filter Monitor
Gunakan Filter Glass monitor untuk mengurangi sinar yg menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan oleh layar monitor.

8. Letakkan Kertas Kerja agar mudah dibaca saat didepan Komputer
Apabila bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakan kertas kerja itu dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda untuk memfokuskan pandangan saat membaca kertas kerja anda. (Fitri Nursiyami)

Komentar

komentar