Beranda Seputar Depok Tingkatkan Mutu Pelayanan, PDAM Depok Susun Rencana Kerja Hingga 2021

Tingkatkan Mutu Pelayanan, PDAM Depok Susun Rencana Kerja Hingga 2021

Direktur PDAM Tirta Asasta Kota Depok, M. Olik Abdul Holik. (Foto: San/DepokPos)

DEPOK – Demi meningkatkan mutu pelayanan sumber air bersih dan juga air minum di Kota Depok, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok saat ini tengah menyusun rencana kerja untuk masa tahun 2017 hingga tahun 2021. Business plan atau rencana kerja tersebut berisi aksi PDAM Kota Depok selama kurang lebih 5 tahun yang diantaranya berisi, rencana Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM), rencana pemasaran, rencana target-target operasional, target pelanggan hingga yang terakhir ada pada target pembiayaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur PDAM Tirta Asasta Kota Depok, M. Olik Abdul Holik yaitu saat ini untuk bisa mencapai target 35% cakupan layanan di Kota Depok dibutuh setidaknya dana sebanyak 1,6 Triliun Rupiah. Dalam hal ini diutarakannya kembali, Pemerintah Kota Depok memberikan dana bantuan pengembangan sebanyak 499 Miliar Rupiah.

BACA JUGA:  Wujudkan Depok Religius Melalui Gerakan Shalat Subuh Berjamaah

“Terkait Business plan ini dari PDAM Kota Depok untuk masa tahun 2017 hingga 2021 itu memuat rencana alsi kita selama 5 tahun kedepan baik berupa rencana pembangunan Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM), rencana pemasaran, rencana target-target operasional, target pelanggan, hingga pada bagian terakhir masuk pada target pembiayaan. Demi tercapainya target cakupan layanan sebanyak 35%, kita butuh 1,6 Triliun. Alhamdulillah untuk rencana kerja pengembangan sistem ini, Pemerintah Kota Depok memberikan kami bantuan sebanyak 499 Miliar Rupiah,” ujarnya.

BACA JUGA:  Depok Terima Sertifikat Eliminasi Filiariasis dari Menkes

Untuk penambahan dana hingga mencapai target yang telah ditetapkan yaitu sebanyak 35%, Olik menuturkan perlu adanya dukungan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi.

“Sisa dari dana yang kami butuhkan untuk perealisasian rencana kerja ini kami dapat berdasarkan dari dukungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi ini butuh rencana aksi, dan inilah rencana aksinya. Kita akan paparkan nanti rencana aksinya seperti apa dan mudah-mudahan dengan adanya rencana aksi ini baik Pemerintah Pusat atau Provinsi bisa mengucurkan bantuan kepada PDAM Kota Depok,” tuturnya.

Lebih lanjut lagi, Olik menegaskan hingga saat ini capaian targetnya sendiri baru mencapai 16% akses perpipaan air bersih. Menurutnya dari persentase tersebut, sisanya masyarakat Kota Depok masih menggunakan non perpipaan seperti melalui air tanah, refill dan sebagainya. PDAM Kota Depok dalam hal ini terus mendorong masyarakat untuk menggunakan air perpipaan.

BACA JUGA:  Kesbangpol Depok Gelar Kontes Musik Kebangsaan

“Dengan jumlah pelanggan sebanyak 56.000 di Kota Depok, saat ini capaian target akses perpipaan air bersih baru mencapai 16%. Sisanya masyarakat Kota Depok masih banyak yang menggunakan akses air bersih non perpipaan seperti melalui air tanah, refill dan sebagainya. PDAM Kota Depok dalam hal ini terus mendorong masyarakat untuk menggunakan akses air bersih melalui perpipaan,” pungkasnya. (Ibra/San)

Komentar

komentar