Beranda Feature Komunikasi Faktor Keberhasilan Tujuan Organisasi

Komunikasi Faktor Keberhasilan Tujuan Organisasi

Ilustrasi.

Komunikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu ke individu lainnya maupun komunikasi ke kelompok tertentu (organisasi) yang mana tujuan dari komunikasi tercapainya ide gagasan yang disampaikan ke pihak pendengar dan harapannya pihak pendengar merespon dan melakukan apa yang sedang dikomunikasikan oleh lawan komunikasinya.

Komunikasi dalam organisasi adalah sekelompok masyarakat yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dan komunikasi adalah perekat yang memungkinkan kelompok masyarakat tersebut secara bersama-sama melakukan fungsinya dengan baik.

Hubungan komunikasi yang terjalin baik antara manajer yang satu dengan manajer yang lain, antara manajer dengan karyawan, atau antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lain, merupakan salah satu kunci keberhasilan manajer dalam mencapai tujuan organiosasi yang telah di tetapkan.

Tercapainya suatu komunikasi dalam organisasi ditentukan adanya respon dari individu atau kemlopok yang sinergi dengan baik. Ketika seorang komunikator menyampaikan ide gagasannya dan pendengarnya merespon dengan baik, melakukan tindakan yang sesuai diharapkan oleh komunikator maka bisa dipastikan yang di samapaikan oleh komunitor dikatakan berhasil. Ketika pemimpin pusat suatu perusahaan menyampaikan kepada pemimpin cabang perusahaan maka disitu terlihat ada alur komunikasi dengan cara langsung maupun tidak langsung (surat elektronik) mereka yang berada di perusahaan tersebut berusaha menjaga komunikasi yang baik agar target pencapaian perusaan berhasil.

Sering munculnya masalah yang disebabkan oleh kurangnya komunikasi dan kordinasi menyebabkan terhambatnya pencapaian terhadap tujuan dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu perlu adanya pemeliharaan komunikasi yang dirancang dan dilakukan oleh pihak – pihak yang berkepentingan dalam suatu organisasi agar terciptanya lingkungan organisasi yang harmonis. Dengan terciptanya lingkungan yang harmonis menjadikan komunikasi antar sesama anggota organasisasi semakin baik. Dengan terciptanya komunikasi yang baik di lingkungan organisasi maka akan memudahkan sebuah organisasi dalam pencapaian target dan tujuan organisasi tersebut.

Ditulis oleh: Nurul Azmiatul Umamah, mahasiswi STEI SEBI.

Komentar

komentar