Handuk Mandi Bisa Menjadi Sumber Penyakit

Ilustrasi. (Istimewa)

Bicara tentang menjaga kesehatan, bukan hanya harus memperhatikan nutrisi makanan dan olahraga rutin saja. Kesehatan juga berhubungan erat dengan kebersihan. Untuk mulai menjaga kesehatan maka juga harus memulai dari menjaga kebersihan diri sendiri, salah satunya adalah dengan mandi.

Mandi merupakan kegiatan utama jika ingin menjaga kebersihan diri sendiri, terutama tubuh dari bakteri, kuman, virus dan lain sebagainya yang bisa menyebabkan penyakit.

Setelah mandi, badan pasti akan terasa segar dan bersih. Tapi hati-hati jika sesudah mengeringkan badan dengan handuk mandi. Bukan tidak mungkin justru akan kembali kotor akibat kontaminasi kuman penyakit yang menempel di kulit.

Kebersihkan handuk termasuk handuk mandi atau handuk cuci tangan di dapur harus diperhatikan. Sebab, handuk mudah terkontaminasi debu, kuman dan mikroorganisme.

Beberapa pakar menyarankan agar mencuci handuk seminggu sekali agar terhindar dari kuman. Usut punya usut ternyata handuk mandi adalah salah satu tempat favorit kuman penyakit untuk berkembang biak.

Bakteri sangat menyukai kelembapan dan menghindari tempat yang kering. Sementara, kamar mandi cenderung memiliki kelembapan yang tinggi, sehingga sangat mungkin handuk dipenuhi oleh bakteri penyakit. Apalagi diketahui jika kuman dan bakteri penyakit yang tumbuh pada handuk mandi ternyata dapat bertahan hidup dalam waktu hitungan jam, hari, bahkan berbulan-bulan.

Menurut seorang profesor kesehatan lingkungan dari University of Washington School of Public Health, bakteri penyakit yang ada di handuk bisa berasal dari tubuh yang kotor, air yang digunakan saat mandi, dan lingkungan sekitar handuk tersebut jika lingkungannya lembap.

Bagi yang sudah mengenakan handuk terlalu lama dan jarang mencucinya, kita harus berhati-hati. Apakah kita tahu , ada berbagai bahaya yang bisa muncul dan dirasakan oleh tubuh jika membiarkan handuk yang sudah terlalu lama tidak dicuci.

Mencuci handuk setidaknya 1 bulan sekali untuk bisa menerapkan gaya hidup yang bersih. Pastikan juga sudah membersihkan handuk dengan mencucinya sampai bersih.

Jangan malas untuk mencuci handuk karena kita lah yang memakai handuk tersebut. Jangan sampai terkena berbagai penyakit kulit hanya karena malas untuk membersihkan handuk. (Hana Nurul Jannah)

Comments

comments