Beranda Seputar Depok Gerakan Pramuka Menjadi Wadah Menempa Penerus Bangsa

Gerakan Pramuka Menjadi Wadah Menempa Penerus Bangsa

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Depok Nina Suzana saat memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal Pramuka, Minggu (16/7).

DEPOK – Wali Kota Depok Mohammad Idris turut menghadiri menghadiri Halal Bihalal Kwarcab Pramuka Kota Depok, di kediaman Ketua Kwarcab Depok Nina Suzana dikawasan Cagar Alam, Pancoran Mas, Minggu (16/07/2017).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota berpesan bahwa kepemimpinan bangsa kedepan sangat ditentukan oleh kualitas pemudanya di masa kini. Untuk itu diperlukan sebuah wadah untuk menempanya, salah satunya lewat gerakan Pramuka.

“Anggota Pramuka Kota Depok merupakan potensi yang harus dikembangkan, agar dapat menjadi penerus bangsa ini,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Lebih lanjut Idris mengatakan bahwa sifat kepemimpinan dan keberanian sangat diperlukan baik dalam memutuskan suatu hal maupun berani dalam meminta maaf jika telah melakukan kesalahan. Sedangkan dengan lapang dada, anggota Pramuka harus siap dalam menerima masukan maupun kritikan.

BACA JUGA:  Pramuka Terbaik se-Indonesia Siap Ikuti Lomba Tingkat V Nasional

“Agar anggota Pramuka di Kota Depok tertanam jiwa kepemimpinan, tentunya diperlukan bimbingan dari kakak-kakak pembina. Untuk itu tetaplah semangat dalam membina adik-adik Pramuka bagaimanapun kondisinya, karena kita sedang menyiapkan kader pemimpin bangsa,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Depok, Nina Suzana mengatakan saat ini tengah mempersiapkan agenda-agenda dekat seperti Jambore Daerah (Jamda) yang akan  diadakan pada 29 Juli hingga 5 Agustus ini serta agenda menyambut Hari Pramuka.

“Dalam rangka Jamda, kita akan mengirim dua puluh tiga regu yang merupakan utusan dari masing-masing ranting diseluruh Kota Depok. Tapi ada beberapa ranting yang tidak mengutus, ini akan diwakilkan kepada ranting lain,” ujar Nina.

BACA JUGA:  Pramuka Terbaik se-Indonesia Siap Ikuti Lomba Tingkat V Nasional

Menurutnya, setiap ranting sebetulnya mendapatkan jatah 2 regu namun untuk ranting yang tidak mengirim perwakilan kemudian kuotanya akan dialihkan kepada ranting lain yang siap mengirim hingga 5 regu.

“Setiap regu nantinya akan berisi 8 peserta ditambah seorang pendamping. Jadi total yang akan diberangkatkan 184 peserta dengan seorang pendamping disetiap regunya,” jelas Nina.

Selain itu, Nina menambahkan bahwa di Kota Depok saat ini sudah tebentuk kepengurusan Pramuka Peduli untuk tingkat Kota Depok.

“Ada juklak dari pusat tentang Pramuka Peduli, kita sudah membentuk dan melantik kepengurusan Pramuka Peduli di Kota Depok, tinggal nanti kita melatih termasuk manajemen resikonya,” jelasnya.

BACA JUGA:  Pramuka Terbaik se-Indonesia Siap Ikuti Lomba Tingkat V Nasional

Untuk pelatihan sendiri, Nina mengatakan bahwa sudah terjalin kerjasama dengan Tagana, Damkar dan Komunitas Ciliwung. (San)

Komentar

komentar