Beranda Feature Demam Lagu Sensual di Kalangan Remaja

Demam Lagu Sensual di Kalangan Remaja

Arus globalisasi telah lama menggerus kehidupan masyarakat Indonesia. Budaya dari seluruh penjuru dunia tak lagi dapat dibendung, dengan mudah masuk dan merambah di dunia informasi dan telekomunikasi yang kini semakin canggih dengan adanya kemudahan internet. Gaya hidup masyarakat di seluruh dunia, yang mencakup food (makanan), fashion (pakaian), dan fun (kesenangan) kini mudah tersebar dan perlahan mempengaruhi gaya hidup bangsa Indonesia.

Musik merupakan salah satu dari aspek fun yang juga mudah tersebar, sehingga kini lagu-lagu barat semakin banyak peminatnya di Indonesia. Walaupun menggunakan bahasa asing, lagu-lagu barat tetap menjadi favorit karena arus globalisasi memaksa dan menjadikan budaya barat adalah kiblat bagi masyarakat Indonesia yang ingin terlihat keren. Sehingga, mendengarkan lagu asing walaupun tidak tahu artinya akan terlihat menjadi keren.

Dalam pembuatan lirik lagu, tentu tidak akan terlepas dari budaya si pencipta lagu tersebut. Seperti pada lagu yang kini meradang dan seolah menjadi lagu wajib di kalangan remaja, yaitu lagu Despacito yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi bersama Daddy Yankee. Lagu ini menjadi sangat menarik bagi para remaja, karena menggunakan bahasa Spanyol yang tidak umum dikuasai masyarakat Indonesia. Selain itu, lagu ini di-cover (dinyanyikan ulang) oleh Justin Bieber yang menjadikan lagu ini semakin hits karena hingga kini penggemar penyanyi asal London, Inggris ini cukup banyak di Indonesia.

Ibarat orang buta yang dipapah untuk berjalan, remaja Indonesia bahkan anak-anak ramai menyanyikan ulang lagu ini di media sosial. Sehingga lagu ini menempati puncak teratas top hits di beberapa lini musik di Indonesia dan bertahan hingga satu bulan lamanya. Bahkan, banyak para remaja dan anak-anak yang sampai menghafal lirik lagu yang bisa dibilang cukup rumit ini. Padahal setelah ditelisik, makna dari lagu ini sangat tidak layak untuk dipublikasikan, terlebih di kalangan remaja, karena mengandung makna sensual.

Berikut kutipan lirik lagu Despacito beserta artinya :

Despacito
(Pelan-pelan)
Quiero respirar tu cuello despacito
(Aku ingin bernafas di lehermu pelan-pelan)
Deja que te diga cosas al oido
(Biarkan aku berbisik di telingamu)
Para que te acuerdes si no estas conmigo
(Supaya kau bisa mengingat aku saat kau tak bersamaku)
Despacito
(Pelan-pelan)
Quiero desnudarte a besos despacito
(Aku ingin melepaskan pakaianmu secara perlahan sambil menciummu)
Firmo en las paredes de tu laberinto
(Memasuki “dinding labirin” mu)
Y hacer de tu cuerpo todo un manuscrito
(Dan membuat tanda di seluruh tubuhmu)
Sube, sube, sube, sube, sube
(Naik, naik, naik, naik, naik)
(ww.bestoflyric.com)

Maka dari itu, untuk mecegah para remaja dari arus-arus negatif seperti ini, sangat diperlukan pengawasan orangtua. Selain itu, kita juga selaku remaja harus bisa belajar bijak dalam besikap, memilih teman yang selalu mengingatkan kita pada kebaikan, dan tidak mudah terbawa arus negatif hanya karena ingin ikut-ikutan hits di meda sosial. (Meli Nurhasanah)

Komentar

komentar