Cara Alami Mengatasi Ketiak Hitam

Ilustrasi. (Istimewa)

Ketiak atau dalam bahasa latin disebut Axilla adalah daerah lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas dengan bahu. Ketiak salah satu bagian tubuh yang tersembunyi. Para ilmuan menemukan bahwa kulit dibagian ketiak manusia merupakan tempat terfavorit bagi bakteri dan permasalahan pada ketiak kerap kali dialami seperti ketiak hitam.

Ketiak hitam sangat mengganggu penampilan terutama bagi wanita yang suka menggunakan pakaian tanpa lengan membuat tidak percaya diri dan sangat tidak nyaman. Ketiak menghitam disebabkan oleh beberapa faktor seperti iritasi karena mencukur ketiak secara sembarangan, sering mencabut rambut ketiak, dan menggaruk dengan kasar. Namun jangan khawatir ada cara alami mengatasi ketiak hitam.

1. Lemon

Menggunakan lemon selain kandungan vitamin C pada lemon sangat ampuh sebagai anti oksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit. Untuk mengatasi masalah ketiak hitam dapat menggunakan buah lemon. Lemon akan mengangkat sel kulit mati pada ketiak serta membersihkan ketiak, sehingga ketiak akan menjadi putih dan bersih. Caranya bersihkan ketiak dengan air, kemudian gosok menggunakan air perasan lemon pada ketiak secara perlahan dan biarkan kering dengan sendirinya.

2. Mentimun

Mentimun kaya akan kandungan air sehingga mampu melembabkan dan membersihkan kulit. Masalah ketiak hitam dan kotor juga dapat dibersihkan menggunakan mentimun. Caranya iris tipis mentimun, kemudian gosokan pada ketiak dan biarkan air mentimun menempel pada ketiak.

3. Kunyit

Kunyit ampuh untuk mencerahkan kulit. Dengan menggunakan kunyit juga bisa untuk mencerahkan ketiak yang hitam atau gelap. Caranya parut kunyit hingga halus atau juga bisa langsung oleskan pada ketiak, Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang efektif sekali untuk mengangkat sel kulit mati atau noda hitam. Hal ini yang membuat baking soda kerap digunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Baking soda juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketiak hitam. Caranya campurkan baking soda dengan sedikit air, kemudian oleskan pada ketiak, diamkan hingga kering, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

5. Scrub menggunakan gula

Cara terbaik untuk mengangkat sel kulit mati atau noda hitam yaitu dengan melakukan scrub. Begitu juga dengan mengatasi ketiak hitam, juga dapat menggunakan scrub gula. Caranya campurkan gula dengan sedikit air lalu oleskan dan gosokan secara perlahan pada ketiak selama kurang lebih 5 Menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

6. Susu atau yogurt

Susu atau yogurt memiliki kandungan asam laktat yang sangat banyak sehingga dapat kita manfaatkan untuk mencerahkan kulit, baik kulit wajah, badan maupun kulit ketiak. Masalah ketiak hitam dapat diatasi menggunakan masker susu dan yogurt. Caranya aplikasikan susu atau yogurt pada ketiak, diamkan hingga kering dan bersihkan dengan air hingga bersih. (Fitri Nursiyami)

Comments

comments