Beranda Feature Antara Doa dan Usaha

Antara Doa dan Usaha

Ilustrasi.

Kehidupan ini tidak terlepas dari ujian dan cobaan. Cobaan dan ujian tersebut tidak selalu menyedihkan melainkan juga ada yang menyenangkan. Solusi dari semua cobaan dan ujian yang dihadapi kuncinya adalah berdoa dan berusaha.

Berdoa merupakan penanda bahwa seorang hamba membutuhkan Tuhan-Nya. Sedangkan berusaha merupakan ikhtiar seorang manusia untuk mencapai sesuatu. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri bahwa berdoa dan berusaha memiliki kaitan yang sangat erat.

Dalam mewujudkan impian dibutuhkan doa dan usaha diakhiri dengan tawakal. Sebab berdoa dan berusaha adalah salah satu modal untuk meraih apa yang diinginkan. Seperti kita memancing, kita butuh mata kail dan umpan. Jika kita ibaratkan, doa adalah mata kailnya sedangkan usaha adalah umpan kita. Jika kita ingin mendapatkan ikan salmon tentunya kita tidak bisa menggunakan mata kail biasa dengan umpan seekor cacing, bukan? Begitupun dengan kesuksesan. Jika kita ingin mendapatkan kesuksesan yang besar, berdoa dan berusaha pun harus sebanding dengan apa yang kita inginkan.

Manfaat berdoa pun begitu besar dalam kehidupan manusia. Dengan doa, kedamaian dapat diraih, semangat hidup dapat ditingkatkan, dan emosi dapat dikendalikan. Dengan doa, ada harapan yang terbentang. Doa juga menjadi penyejuk pada saat menghadapi musibah. Doa adalah tempat kembalinya manusia setelah seharian melakukan usaha. Walaupun tak terlihat hasilnya, doa harus terus dipanjatkan karena dibalik doa tersimpan rahasia Allah yang amat mengagumkan.

Berdoa dan berusaha memang sudah melekat menjadi satu-kesatuan yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Mau berusaha semaksimal mungkin kalau lupa akan berdoa pasti usaha yang dikerjakan akan mendapatkan hambatan ataupun masalah. Mau bagaimanapun berdoa sangat penting untuk kehidupan dan juga mengakui atau mengingat sang pencipta. (Hana Nurul Jannah)

Komentar

komentar