Beranda Warga Bicara Ada Apa di Perpustakaan Umum Kota Depok?

Ada Apa di Perpustakaan Umum Kota Depok?

Depok adalah salah satu kota yang telah memiliki gedung Perpustakaan setelah dibuka sejak Desember 2014 lalu. Kehadirannya pun menjadi angin segar bagi masyarakat kota Depok terlebih bagi para Pelajar dan Mahasiswa. Sejak diresmikan usai upacara HUT kota Depok ke-16 pada 27 April 2015, Perpustakaan umum kota Depok ini sering dikunjumgi oleh masyarakat terutama Pelajar dan Mahasiswa.

Koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan Depok ini terus diperbarui sehingga semakin banyak koleksi buku yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari Sastra, geografi, sejarah, seni, Bahasa, ekonomi, agama, teknologi, budaya, matematika, terapan tersedia sudah tersedia. Buku disini juga bisa dipinjam dengan syarat harus memiliki kartu Anggota. Maksimal peminjaman adalah 2 buku selama satu minggu. Apabila melewati batas maksimal peminjaman maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan lamanya waktu keterlambatan pengembalian.

Fasilitas yang terdapat dalam Perpustakaan Umum kota Depok ini sudah dapat dirasakan seperti computer yang dapat digunakan bagi pengunjung yang memiliki kartu Anggota resmi serta yang paling banyak dimanfaatkan adalah adanya fasilitas Wi-Fi gratis yang sangat memudahkan pengunjung untuk mencari referensi seperti saya yang kerap memanfaatkan fasilitas ini untuk mengerjakan tugas kuliah saya.

Selain ruang perpustakaan, gedung 3 lantai ini juga dilengkapi dengan ruang auditorium yang bisa digunakan untuk suatu acara secara gratis dengan syarat-syarat tertentu yang berada di lantai dasar, sehingga tak jarang ada kegiatan yang meramaikan gedung perpustakaan ini.

Nah maka dari itulah, sebagai warga Depok saya merasa sangat terbantu dengan adanya fasilitas Perpustakaan Umum kota Depok ini karena sangat nyaman untuk mengerjakan tugas dan akses nya pun sangat mudah karena berada di kompleks Balaikota Depok. Ini juga sangat bagus untuk mengajarkan anak tentang pentingnya membaca buku karena disini juga tersedia ruang baca anak yang pastinya akan disukai oleh anak-anak dengan koleksi bukunya yang menarik.

Namun, dengan kemudahan fasilitas yang ditawarkan, masih ada saja pengunjung yang menggunakanya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat seperti fasilitas Wi-Fi gratis yang digunakan untuk bermain game atau download serabutan, bahkan untuk nonton gratisan ini yang sangat disayangkan. Saya berharap pengunjung bisa lebih bijak dalam memanfaatkan fasilitas Perpustakaan. Satu kekurangan lagi bagi saya adalah jam operasional Perpustakaan yang menurut saya terlalu singkat, akan lebih baik apabila dapat buka lebih lama sehingga kesempatan pengunjung yang memiliki waktu senggang setelah aktifitas kuliah atau sekolah di sore hari tetap bisa memanfaatkan fasilitas Perpustakaan.

Tapi dibalik semua itu Perpustakaan Umum Kota Depok ini tetap patut untuk dikunjungi. Jadi, untuk masyarakat yang belum berkunjung, saya sarankan untuk segera berkunjung ke Perpustakaan Umum kota Depok ini karena fasilitas ini dibuka umum untuk seluruh masyarakat yang buka setiap hari pukul 08.00-15.00 WIB kecuali Jumat hingga pukul 16.00 WIB. Ayo budayakan lagi aktifitas membaca di Perpustakaan Umum Kota Depok.

Ditulis oleh: Garnis Aulia (Mahasiswa STEI SEBI)

Komentar

komentar