Beranda Kesehatan 5 Cara Alami Membuat Bulu Mata Lentik

5 Cara Alami Membuat Bulu Mata Lentik

Ilustrasi. (Istimewa)

Bulu mata merupakan bagian mata yang terdiri dari rambut-rambut halus yang tumbuh rapi sepanjang kelopak mata. Rambut-rambut ini lah yang sangat berpengaruh pada kecantikan mata terutama bagi wanita. Tidak hanya itu bulu mata berfungsi untuk melindungi mata dari kotoran dan juga untuk menyaring itensitas cahaya yang masuk ke mata.

Bulu mata yang indah adalah bulu mata yang lentik. Tentunya akan membuat mata lebih hidup dan menarik. Tetapi tidak semua wanita mempunyai bulu mata yang lentik dan beragam cara dilakukan untuk melentikan bulu mata seperti mendatangkan salon kecantikan, memakai bulu mata palsu dan menggunakan maskara. Namun ada cara dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai perawatan bulu mata agar lentik.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dipercaya banyak menandung vitamin E. Sehingga kandungan vitamin E ini yang mampu membuat bulu mata tumbuh lebat dan melentikan bulu mata secara alami. Caranya pejamkan mata lalu oleskan pelahan minyak zaitun ke bulu mata menggunakan jari jangan sampai terkena mata. Diamkan lah beberapa menit sampai minyak zaitun mengering. Setelah kering basuh bulu mata sampai bersih.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

2. Minyak kastor alami

Kastor tidak hanya digunakan untuk mencegah agar tidak terkena penyakit kanker dan juga penyakit jantung. Selain itu, minyak kastor ini juga dapat digunakan untuk melentikan dan melebatkan bulu mata agar lebih indah. Caranya ambil secukupnya minyak kastor beberapa tetes lalu oleskan secara merata ke bulu mata menggunakan jari tangan agar tumbuhnya rata dan lebat bersama-sama. Gunakan saat ingin tidur dan diamkan sampai pagi hari kemudian bilas sampai bersih.

3. Madu

Madu juga dipercaya memiliki vitamin E yang tak kalah dari minyak zaitun. Madu juga dapat digunakan sebagai pelentik bulu mata. Selain adanya vitamin E yang banyak. Madu juga mengandung mineral alami yang dapat membantu pertumbuhan bulu mata secara alami. Caranya siapkan wadah untuk menempatkan madu. Gunakan madu yang murni lalu ambil madu menggunakan jari tangan kemudian oleskan ke bulu mata. Diamkan selama 20 menit sampai 30 menit atau tunggu sampai kering lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

4. Telur Udang

Tidak hanya memanjangkan rambut kepala, telur udang juga bermanfaat untuk memanjangkan bulu mata. Bulu mata yang panjang tentu akan menjadi lentik, tentunya dengan perawatan yang rutin dan berkala. Hal ini terjadi karena dalam telur udang banyak mengandung protein untuk pertumbuhan bulu mata. Caranya pecahkan telur udang secara perlahan lalu oleskan pada bulu mata menggunakan jari tangan. Kemudian diamkan sampai kering , setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

5. Kemiri

Kemiri tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk masak saja, tetapi kemiri juga digunakan sebagai bahan untuk melentikan bulu mata. Kemiri mampu membantu merangsang akar bulu mata sehingga bulu mata menjadi cepat tumbuh dan bulu mata menjadi lentik. Caranya ambil satu butir kemiri. Haluskan kemiri sampai halus, tambahkan sedikit air lalu oleskan dengan hati-hati, diamkan sampai kering kemudian bilas dengan air sampai bersih. (Fitri Nursiyami)

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

Komentar

komentar