Walikota Depok: RT/RW Harus Terus Lakukan Kegiatan Inovatif di Wilayahnya

Walikota Depok Mohammad Idris saat pemberian dana penguatan kinerja RT, RW, dan LPM di Kantor Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Foto San/DepokPos)

DEPOK – Kerja-kerja Lembaga Pemberdayaan Sosial Kemasyarakatan (RT, RW dan LPM) secara fungsional adalah membantu pihak kelurahan dalam pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan artinya bagaimana membuat masyarakat mempunyai kemampuan untuk bisa melakukan kegiatan-kegiatan, tak hanya sosial tapi juga budaya, pendidikan, politik dan sebagainya.

Demikian dikatakan Walikota Depok Mohammad Idris dihadapan Lurah, RT, RW dan LPM se-Kecamatan Cimanggis dalam kegiatan pemberian dana penguatan kinerja RT, RW, dan LPM di Kantor Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Selasa (13/07/2017).

“Untuk menguatkan proses aktifitas tersebut, kemendagri berkepentingan untuk memberikan arahan-arahan, yang terbaru adalah peraturan pemerintah (PP) tentang pendelegasian kepala daerah kepada camat,” ujar Idris.

BACA JUGA:  The Power of Pensiun, Merancang Masa Pensiun Sejahtera

Idris menambahkan bahwa turunan dari PP tersebut masih dalam kajian, delegasi-delegasi apa saja yang bisa diberikan kepala daerah kepada kecamatan yang nantinya akan berimplikasi kepada kegiatan di kecamatan atau oleh camat itu sendiri.

“Untuk harus dilakukan penguatan terhadap lembaga fungsional ditingkat kecamatan dan kelurahan yakni RT, RW dan LPM. Antara lain aspek finansial untuk penguatan kinerja,” tambahnya.

Untuk itu Idirs berharap agar Camat dan Lurah bisa mendorong RT/RW agar bisa terus mengadakan kegiatan-kegiatan inovatif diwilayahnya yang disesuaikan dengan program Pemkot.

BACA JUGA:  Ijtima Ulama II Siap Digelar Akan Hadirkan Prabowo dan Sandiaga Uno

“Antara lain tentang masalah ketahanan keluarga, kebersihan dan kesehatan. Dan ini membutuhkan tingkat semangat kita,” jelasnya. (San)

Comments

comments