Beranda Seputar Depok Tingkatkan Pelayanan, RSUD Depok dan Puskesmas Sawangan Teken MoU Kerjasama

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Depok dan Puskesmas Sawangan Teken MoU Kerjasama

RSUD Depok

DEPOK – Puskesmas Sawangan bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok sepakat melakukan kerjasama sistem rujukan bagi pasien untuk meningkatkan pelayanan di kedua instansi kesehatan tersebut.

Bentuk kerjasama tersebut tertuangd dalam Memorandum of Undestanding (Mou) yang telah ditandatangani Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan dengan pihak RSUD Kota Depok.

“Melalui kerjasama ini, penataan dan pelayanan di kedua tempat dapat ditingkatkan. Terkait hal ini, perlu persiapan fasilitas masing-masing pihak, guna memberikan pelayanan terbaik pada publik,” terang Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herliana, seperti dilansir depok.go.id, Jumat (2/6/2017).

BACA JUGA:  Dukung Program Kota Layak Anak, Wali Kota Instruksikan ASN Sumbang Buku

Elin mengatakan, dengan kerjasama itu, pasien rujukan dengan penyakit berat seperti hipertensi, stroke, diabetes melitus, jantung koroner, hingga penyakit gagal jantung bisa langsung dirujuk ke RSUD. Sebab, pasien dengan penyakit berat seperti itu, membutuhkan penanganan yang intensif 1-6 bulan berturut-turut.

“Kalau sudah kena penyakit seperti itu, tentunya periksa harus langsung ke dokter spesialis. Jadi kalau sudah dapat rujukan sekali dari kami seterusnya bisa langsung datang ke RSUD, dan tidak perlu ke kami lagi. Biar tidak bolak balik,” ujarnya.

BACA JUGA:  Depok Terima Sertifikat Eliminasi Filiariasis dari Menkes

Dirinya menambahkan, jika ada pasien dengan sakit berat seperti itu, bisa langsung menemui Manager On Duty (MOD) yang bertugas di RSUD Depok. Kemudian akan ditangani oleh pihak RSUD Kota Depok dengan penanganan khusus.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Kota Depok, Tri Astuti mengaku, siap menerima rujukan dari Puskesmas Sawangan dan menjadi Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) tingkat 1 manapun, termasuk dari Puskesmas Sawangan. []

Komentar

komentar