Beranda Seputar Depok Tekan Harga Bawang Putih, Disdagin Depok Lakukan Operasi Pasar

Tekan Harga Bawang Putih, Disdagin Depok Lakukan Operasi Pasar

Ilustrasi. (Istimewa)

DEPOK – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Operasi Pasar bawang putih di Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Operasi Pasar ini merupakan bagian dari upaya menekan harga bawang putih yang kian melonjak. Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Kota Depok, Anim Mulyana mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan untuk mencegah timbulnya inflasi. Sebab, saat ini di Pasar Agung sendiri, harga bawang putih sudah mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

“Bawang putih yang dijual adalah bawang putih honan, dengan jumlah pasokan sebanyak 4 ton dan dibuka sejak pukul 08.00 WIB. Masing-masing karung beratnya 20 kilogram, dengan harga jual Rp 23 ribu per kilogram untuk pedagang karungan. Sedangkan untuk ecerannya dipatok harga Rp 25 ribu per kilogram,” ujar Anim di Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Senin (05/06/17).

BACA JUGA:  KSEI IsEF SEBI Gelar Seminar EkonomI Lintas Negara

Dikatakannya, bawang putih dijual bebas dan tidak ada minimal maupun maksimal pembelian, karena ketersediaan komoditi mencukupi. Namun, OP bawang putih ini diprioritaskan untuk dijual kepada para pedagang dengan tujuan agar harga jual bawang putih ke konsumen turun menjadi Rp 25-27 ribu per kilogram.

“Pasar Agung dipilih sebagai lokasi OP bawang putih, dikarenakan harga bawang putihnya yang paling tinggi di antara pasar-pasar lainnya. Selain itu, Pasar Agung menjadi pasar titik pantau Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kemendag,” pungkasnya. []

BACA JUGA:  Wakil Depok Juara 1 Startup World Cup, Wali Kota Ucapkan Terima Kasih

Komentar

komentar