Beranda Wisata Depok Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Anak dan Keluarga di Depok

Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Anak dan Keluarga di Depok

DEPOK – Kota Depok mungkin belum terlalu dikenal sebagai Kota tujuan wisata, namun sesungguhnya banyak potensi wisata menarik terutama wisata edukasi yang bisa menjadi tujuan untuk anak dan keluarga menghabiskan waktu dalam melewati libur panjang hari raya idul fitri ini.

1. Godongijo Nursery

Godong Ijo merupakan tempat wisata edukasi di Depok baru yang menyajikan berbagai macam pembibitan untuk tanaman hias. Godong Ijo juga menjadi salah satu wisata Depok Sawangan yang recommended untuk Anda sekeluarga. Mengajak anak untuk mengunjungi wisata edukasi sejak kecil tidak hanya memberikan pengetahuan yang cukup kepada anak-anak tetapi bisa menumbuhkan salah satu hobi bahkan bisa jadi cita-cita kepada si kecil. Dengan membawa anak Anda mengunjungi Godong Ijo, Anda bisa mengenalkan aneka macam tumbuhan dan tanaman hias yang beraneka ragam.

(Foto: Dok. Godong Ijo)

Dengan lahan seluas 2,5 ha, Godongijo adalah sebuah nursery atau tempat pembibitan tanaman hias yang juga dilengkapi dengan kolam pemancingan ikan dan rumah makan. Tidak hanya sbg tempat pembibitan tanaman, tempat ini juga cocok untuk wisata keluarga yang menginginkan kedekatan dengan alam tanpa harus pergi jauh ke luar kota. Godongijo Nursery memiliki fasilitas lapangan yang cukup luas untuk anak-anak berlarian, selain itu mereka juga bisa melihat satwa unik dan berkegiatan memancing bersama keluarga.

Godongijo juga mempunyai Restoran Botanical café yang cukup terkenal kelezatan dan variasi menunya. Botanical Café mempunyai konsep “HUTAN DI TENGAH KOTA” yaitu cafe yang dikelilingi taman yang asri, dihiasi pepohonan langka yang berusia puluhan tahun, dilengkapi dengan kolam ikan koi dan kolam ikan alligator. Botanical Café mempunyai beberapa meja “Round Table” yang terbuat dari kayu jati pilihan yang berusia ratusan tahun dan furniture kayu antik lainnya. Café ini cukup untuk menampung sekitar 300 tamu.

BACA JUGA:  Rumah Zakat Kembali Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Rohingnya

2. Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan adalah tempat hunian sekaligus wisata bagi keluarga, dibangun dgn konsep yang menyatu dengan alam, lokasi 14 km dari tol Fatmawati dengan alamat lengkap, Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok 16515 (seberang Mesjid Kubah Emas Dian Al Mahri)

(Foto: Kampung 99)

Saat pertama kali datang, anda akan berkumpul di Restoran Kampung 99 Pepohonan bersama tamu-tamu lain yang akan memulai tour. Di restoran ini anda juga bisa memesan makanan dan minuman terlebih dahulu yang nantinya akan dihidangkan setelah tour menjelajahi perkampungan telah selesai dilaksanakan. Selain memilih menu makan siang, anda juga diminta memilih kegiatan apa saja yang ingin dilakukan agar dapat disiapkan oleh para pemandu.

Kegiatan di Kampung 99 Pepohonan ini banyak sekali macamnya (sekitar 25 jenis kegiatan), mulai dari Tracking (Tour Perkampungan), menanam pohon, memanen sayur, memberi makan Rusa, memberi makan ikan, menangkap Ikan, memandikan Kerbau, memerah susu Kerbau & Kambing, Menyusui Bayi Kambing & Domba, Mencukur Bulu Domba, Membuat Cincau, Membuat Kue Serabi dan masih banyak lagi!

BACA JUGA:  Wakil Depok Juara 1 Startup World Cup, Wali Kota Ucapkan Terima Kasih

Tentu saja semua kegiatan yang telah anda pilih ini nantinya bisa disesuaikan waktunya dan akan selalu ditanyakan kembali oleh Pemandu apakah pengunjung masih berminat melakukan semua kegiatan yang telah dipilih setelah selesai melaksanakan tour perkampungan. Namun ada juga beberapa kegiatan yang dapat dilakukan bersamaan saat tour seperti: Memerah Susu Kerbau atau Kambing, Menyusui Bayi Kambing dan Mencukur Bulu Domba.

3. Rumah Keramik Tanah Baru F. Widayanto

(Foto: Kompas)

Rumah Keramik ini dipunyai oleh seorang seniman lulusan Desain Keramik ITB bernama F Widayanto, makanya namanya Rumah Keramik F Widayanto. Di atas luas tanah 1 hektar beliau menciptakan guest house, restaurant, juga galeri dan workshop keramik.

Biaya tiket masuknya hanya 10 Ribu rupiah sudah termasuk minuman selamat datang atau welcome drink. Ikut workshop keramiknya membayar 140 K sudah termasuk pisang goreng. Pemandunya ramah dan helpful semua pula. Ah senang senang senang pokoknya!

4. D’Kandang Farm

D’KANDANG AMAZING FARM adalah salah satu unit usaha dibawah CV Sawangan Farm Dairy, yang berlokasi di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Kehadiran D’Kandang Amazing Farm semakin menambah ramai di dunia wisata Depok yang tentunya masing-masing tempat wisata di Depok memiliki karakter dan keunikannya masing-masing.

(Foto: liburananak.com)

Begitu juga dengan D’Kandang, dengan karakteristik sebagai wisata edukasi, hadir dengan memiliki konsep mengintegrasikan sektor peternakan dan sektor pertanian yang kaya akan nilai edukasi dan manfaat pembelajaran serta penguatan keilmuan kepada peserta, dengan metode yang menyenangkan.

BACA JUGA:  KSEI IsEF SEBI Gelar Seminar EkonomI Lintas Negara

Berada di lokasi yang sangat strategis, mudah dijangkau dari area Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang, sehingga memudahkan bagi para pengunjung untuk datang ke tempat ini.

Berdiri di lahan seluas 60.000 meter persegi, dilengkapi dengan peternakan sapi perah, sapi potong, kuda, kambing etawa dan domba. Selain itu juga ada perkebunan belimbing Dewa khas Depok, jambu kristal, jambu jamaica, sayuran organik, serta aneka tanaman hias.

Para pemandu kami dibekali kemampuan yang tidak hanya sekedar menunjukkan tempat-tempat yang akan dikunjungi tetapi juga memahami betul karakter masing-masing anak dalam setiap kelompoknya, sehingga anak akan semakin merasa nyaman dalam beraktifitas dan semakin tereksplor kecerdasannya…

Aktifitas yang dilakukan tidak hanya sekedar mengenalkan hewan-hewan atau tanaman yang tersedia, tetapi juga dijelaskan dengan baik karakter, perbedaan dan manfaat masing-masing hewan atau tanaman, yang kemudian anak-anak akan melakukan praktek langsung di masing-masing wahana.

Selain itu, ada aktifitas outbound yang membuat anak akan semakin percaya diri dan mampu bersosialisasi dengan baik di kelompoknya,. Di outbound anak-anak dapat cepat mencair dengan teman-temannya, bahkan untuk teman yang baru dikenalnya. Kemudian anak-anak akan semakin terlatih dalam mengatasi rasa takutnya…

Referensi: liburananak.com

Komentar

komentar