Memar Muncul Tiba-tiba? Berikut 5 Faktornya

Ilustrasi. (Istimewa)

Hampir semua orang pernah mengalami memar di tubuh mereka. Biasanya memar muncul karena adanya benturan benda tumpul yang cukup keras. Seperti yang dijelaskan di alodokter.com , memar yang baru saja terbentuk cenderung berwarna merah lalu seiring waktu berubah menjadi ungu gelap atau biru gelap. Menjelang pemulihan, memar tersebut akan berubah menguning.

Assa Putri Nur Anisya, seorang mahasiswi Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti, menuturkan bahwa memar yang timbul akibat benturan atau cedera olahraga disebabkan oleh pembuluh darah yang vasodilitasi atau melebar. Namun, apakah Anda pernah mendapati bagian tubuh Anda muncul memar secara tiba-tiba padahal Anda tidak terbentur?

Saya merupakan salah satu orang yang sering mengalaminya dan bahkan tidak terasa sakit sama sekali. Istilah “dijilat setan” pun masih beredar di kalangan masyarakat, namun saya meyakini bahwa hal tersebut tentu saja bisa dijelaskan secara medis. Assa pun mengatakan bahwa memar yang muncul secara tiba-tiba disebabkan oleh beberapa hal dan merupakan tanda bahwa ada yang terjadi pada tubuh kita. Apa saja faktor-faktornya? Simak penjelasan berikut!

BACA JUGA:  Zaitun dan Segudang Manfaatnya

1. Angkat beban

Ketika kita mengangkat benda yang memiliki beban berat dapat menyebabkan pembuluh dara kita robek sehingga muncul memar. Pembuluh darah juga dapat robek dan pecah karena adanya tekanan atau stress. Assa mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena otot bekerja lebih berat dari biasanya. Sebenarnya tidak berbahaya, namun jika memar tersebut menimbulkan rasa sakit dan tidak hilang dalam waktu yang lama sebaiknya tangani ke dokter.

2. Kurang vitamin

Vitamin memiliki peran penting pada kesehatan tubuh. Jika Anda kurang mengonsumsinya dalam jangka waktu yang lama maka tubuh akan mulai menunjukkan gejala, salah satunya adalah memar. Dilansir dari kompas.com, berikut beberapa vitamin yang perlu Anda konsumsi rutin untuk menghindari munculnya memar secara tiba-tiba :

• Vitamin B12 : Jika kekurangan vitamin ini maka memar yang muncul pada tubuh akan terlihat lebih jelas dari biasanya. Vitamin B12 bersama dengan folat berfungsi untuk membuat DNA sel darah merah.

BACA JUGA:  Mengenal Angin Duduk dan Gejalanya

• Vitamin K : Vitamin ini sangat berperan dalam pembekuan darah, oleh karena itu jika tubuh kurang asupan vitamin K maka dapat membuat pembuluh darah bocor dan terlihat di permukaan kulit yang kemudian disebut memar.

• Vitamin C : Penyembuhan luka dan pembentukan lapisan kolagen pada kulit sangat dibantu oleh vitamin C. Jika Anda kurang mengonsumsi vitamin C dengan cukup maka pembuluh darah akan rentan pecah dan menyebabkan memar karena pembuluh darah tersebut akan lebih terbuka.

3. Faktor usia

Semakin menua usia, daya tubuh pun semakin berkurang. Hal tersebut juga berlaku pada kulit. Ketika Anda menginjak usia 60 tahun, produksi kolagen dan lapisan lemak yang melindungi kulit akan menurun. Kulit akan tampak lebih tipis dan pucat. Pembuluh darah di dermis juga lebih rentan sehingga memar dapat lebih cenderung terjadi.

4. Purpura dermatosis

Tidak banyak yang tahu tentang ini. Dalam brilio.net disebutkan bahwa purpura dermatosis merupakan kondisi kulit yang disebabkan oleh bocornya darah dari pembuluh kapiler kecil sehingga tampak dan menjadi memar keunguan. Pada kasus berat, kondisi ini dapat menimbulkan gatal-gatal pada penderita. Untuk menyembuhkannya Anda bisa mengoleskan krim obat yang diresepkan oleh dokter.

BACA JUGA:  Waspadai 10 Jenis Makanan Pemicu Kanker

5. Konsumsi Obat-obatan

Beberapa jenis obat tertentu bisa memicu munculnya memar pada kulit. Obat-obat tersebut antara lain aspirin, steroid, dan kontrasepsi. Gary Goldenberg, asisten profesor dermatologi di The Mount Sinai Hospital mengatakan bahwa aspirin merupakan faktor paling umum munculnya memar secara tiba-tiba. Hal itu karena aspirin melebarkan pembuluh darah dan melenyapkan trombosit. Jika trombosit berkurang maka juga mengurangi kemampuan dara untuk membeku yang kemudian akan mempermudah timbulnya memar.

Demikian 5 faktor yang memicu timbulnya memar pada tubuh secara tiba-tiba atau tanpa adanya benturan sebelumnya. Ketahui dan perhatikanlah kondisi serta pola hidup Anda untuk mencegahnya dan segera tangani dengan pihak medis jika memar Anda terasa sakit atau semakin parah. (Qonita Chairunnisa/PNJ)

Referensi:

http://www.alodokter.com/tiba-tiba-muncul-memar-bisa-menjadi-gejala-penyakit-berbahaya

http://lifestyle.kompas.com/read/2016/03/15/170000923/5.Penyebab.Tak.Terduga.Memar.di.Tubuh

https://www.brilio.net/news/7-penyebab-tak-terduga-kulit-kamu-tiba-tiba-memar-perhatikan-ya-1512119.html

Komentar

komentar