Beranda Feature Makan di Malam Hari Baikkah untuk Kesehatan?

Makan di Malam Hari Baikkah untuk Kesehatan?

Ilustrasi. (Istimewa)

Rasa lapar merupakan upaya tubuh untuk menyeimbangkan energi sebagai fungsi metabolisme. Lapar pada malam hari memang sangat menggangu.

Malam adalah waktu dimana seorang manusia normal untuk tidur setelah melakukan rutinitas pada siang hari. Akan tetapi, terkadang ada saat dimana kita terpaksa begadang, seperti mengerjakan tugas yang seabrek dan harus dikumpulkan esok hari, ada ujian yang terpaksa belajar dengan sistem kebut semalam, dan sekadar menonton film.

Namun, yang namanya begadang itu kurang baik untuk kesehatan, bisa membuat tubuh jadi lemah dan kurang bergairah pada siang harinya.

Nah, mengonsumsi makanan berat ataupun mengemil di malam hari baik ga sih untuk kesehatan? Dikutip dari situs laman hellosehat.com, menurut data medis yang direview oleh Thu Thruong, PharmD. penelitian makan di malam hari justru baik asal tidak tinggi kalori dan lemak, seperti buah-buahan dan sayur. Ketika Anda makan malam hari dan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak, hal tersebutlah yang dapat mempengaruhi penambahan berat badan.

Jika Anda suka begadang dan gelisah di tengah malam karena kelaparan, berikut 4 makanan dan minuman sehat dapat menjadi pilihan saat begadang yang tidak menyumbang lemak ke dalam tubuh.

Air Mineral

Air Mineral merupakan minuman alternatif sebagai teman begadang yang lebih menyehatkan daripada kopi. “Makan tengah malam sebaiknya yang bagus untuk mengganjal perut itu buah dan air putih,” tutur Muhammad Fadli mahasiswa Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II. Tentu saja air adalah yang terpenting dalam segala kondisi dan keadaan tidak untuk begadang saja. Jadi, asupan air tidak boleh berkurang apalagi ketika begadang sepanjang malam. Kekurangan air akan membuat kita lelah dan mengantuk. Bagi Anda yang beraktivitas pada malam hari dan diharuskan begadang, mengantuk tentu hal yang dihindari bukan?

Sayuran

Sayur mengandung banyak vitamin, mineral, dan protein yang menyehatkan. Sayuran juga mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga tidak membuat Anda terhidrasi semalaman.

Pisang

Anda kelaparan di tengah malam, tetapi sedang program diet memang paling menderita. Tenang, alternatifnya apalagi kalau bukan cemilan buah. Pisang adalah makanan rendah lemak dan tinggi kalori yang bisa membuat kenyang, lho. “Tinggi serat yang dapat mengenyangkan contoh seperti pisang,” ujar Fadli.

Susu

Susu sangat baik untuk kesehatan, tak hanya untuk anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang. Orang dewasa juga dianjurkan untuk minum susu. Selain terdapaat kandungan gizi dan nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh, susu dapat menjadi pilihan untuk mengganjal perut saat lapar dan sebelum tidur. “Susu bagus juga sebelum tidur,” saran Fadli. Malam hari waktu terbaik untuk minum susu yang membantu proses tidur lebih cepat dan lelap.

Anda boleh saja memakan sekitar 10% dari total kalori sehari pada malam hari dengan catatan mengkonsumsi makanan minimalnya 1 sampai 3 jam sebelum tidur. Karena pada saat tidur, tubuh harus relaks dan untuk menyerap zat gizi yang maksimal. “Konsumsi makanan 3 jam sebelum tidur. Jadi bangun pagi tetap VIT karena tidurnya tetap cukup dan kalori yang masuk ke tubuh di malam hari tidak berlebih,” Tutup Fadli.

Mengonsumsi makanan pada malam hari seperti diatas akan lebih menyehatkan lagi jika hal tersebut dilakukan dengan diimbangi olahraga yang rutin, ini justru akan menjaga stabilitas serta fungsi tubuh.

Kalau sudah menyumpal perut dengan makanan sehat diatas, dijamin mengerjakan kegiatan tugas-menugaspun takkan tergganggu lagi oleh cacing perut dan tidur akan lelap. (Laela Sabrina/PNJ)

Referensi: https://hellosehat.com/makan-di-malam-hari-bikin-gemuk-mitos-atau-fakta/

Komentar

komentar