Beranda Kesehatan Kenali Faktor Timbulnya Penyakit Asma

Kenali Faktor Timbulnya Penyakit Asma

Ilustrasi.

Apa yang terpikir dalam benak anda ketika mendengar kata Asma? Banyak pendapat dikeluarkan oleh masyarakat mengenai penyakit ini, ada yang berpendapat bahwa asma adalah penyakit turunan, penyakit pikiran, penyakit karena alergi ataupun hal lainnya.

Namun, apa sebenarnya penyebab dari penyakit asma itu? Apa pemicu timbulnya asma pada penderita? dan bagaimanakah pola hidup sehat yang dibutuhkan untuk mencegah timbulnya asma? Hal inilah yang perlu diketahui masyarakat untuk mencegah datangnya penyakit asma dan pemicu timbulnya penyakit asma bagi penderita.

Penyebab Penyakit Asma

Ada dua faktor yang dapat menyebabkan penyakit asma diantaranya faktor lingkungan dan keturunan. Faktor keturunan memiliki resiko lebih tinggi terhadap penyebab penyakit asma. Faktor lingkungan juga berpotensi menyebabkan penyakit asma yang masih jarang diketahui masyarakat.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan tersebut mencangkup virus seperti RSV (virus saluran pernapasan sinsitial), kecoak, asap rokok, knalpot, hewan ternak, obat – obatan (termasuk asetaminofen), pestisida, hewan peliharaan dan asap kayu.

Faktor Keturunan

Bukan hanya faktor lingkungan, faktor keturunan juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit asma. Dalam buku “100 tanya jawab mengenai asma edisi kedua” oleh Claudia S. Plottel, MD mengatakan bahwa pada penelitian dari 344 keluarga yang tinggal di Arizona mengungkapkan diantara anak – anak yang didiagnosis menderita asma, 6% diantaranya berasal dari keluarga yang sama sekali tidak memilki riwayat asma, 20% memilki salah satu orang tua yang mengidap asma, sementara 60% lainnya adalah anak – anak dengan orang tua yang mengidap penyakit asma. Hal ini mengungkapkan bahwa anak dengan orang tua yang mengidap penyakit asma memilki resiko lebih besar mengidap penyakit asma dibanding anak lainnya.

Faktor Pemicu Penyakit Asma

Selain itu, faktor lingkungan juga dapat memungkinkan perkembangan penyakit asma. Hal tersebut dipicu oleh adanya alergen (zat yang menyebabkan alergi bereaksi). Anda juga perlu mengetahui bahwa alergen bukan merupakan penyebab asma melainkan pemicu untuk simptomatologi (gejala) asma. Oleh karena itu, faktor lingkungan yang dapat memicu alergen juga dapat menjadi pemicu gejala penyakit asma.

Lingkungan

Faktor lingkungan tersebut mencangkup lingkungan indoor dan outdoor. Faktor lingkungan outdoor yakni alergen di dalam ruangan seperti tungau, debu, bulu hewan peliharaan, kecoak, jamur, asap rokok, hasil pembakaran, Gas range/pemanas (yang mengandung NO2), kehadiran di tempat penitipan, Gedung “ketat”, dan material modern.
Sementara itu, faktor outdoor diantaranya alergen luar rumah dan polen, polusi udara, emisi diesel, partikel, ozon, dan sulfur dioksida. Penting untuk diketahui bahwa faktor lingkungan indoor memilki pengaruh yang lebih besar dibandingkan faktor lingkungan outdoor dalam berkembangnya penyakit asma.

Alergen

Selain alergen dapat memicu gejala penyakit asma, dan memungkinkan perkembangan penyakit tersebut, alergen juga dapat memicu penyakit asma yang dapat mempercepat atau memperburuk kondisi sesorang yang memiliki asma. Bagi anda penderita asma yang memilki alergi spesifik akan merasakan alergen dan dapat menjadi pemicu asma. Bukan hanya alergen, infeksi virus atau bakteri (seperti bronkitis / pilek dada, Pneumonia, dan sinusitis), iritan, obat – obatan, stress, dan sulfit juga merupakan pemicu bagi penderita asma.

Stress

Stress atau tekanan psikologis juga merupakan pemicu timbulnya gejala asma dan pengembangannya. Dilansir dari Vemale.com Stress merupakan pemicu penyakit asma, sering ditemukannya kasus kambuh dan bertambah parahnya gejala penyakit asma yang dimiliki seseorang ketika merasa stress.

Stress muncul ketika tuntutan atau ajakan dari lingkungan melebihi kemampuan adaptasi individu atau kemampuan untuk melawan. “sebisa mungkin orang yang memiliki penyakit asma akut menghindari stress, terlebih faktor pemicu asmanya sendiri seperti makanan dan cuaca.” kata Nur Aisyah Dyah, Mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Pancasila.
Lalu bagaimana cara menghindari dan mencegah penyebab atau pemicu datangnya penyakit asma? jawabannya adalah dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang anda terapkan merupakan kunci untuk menghindari dan mencegah penyebab atau pemicu penyakit asma.

Cara Menghindari Timbulnya Penyakit Asma

Menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari bakteri sertas virus yang dapat memicu timbulnya penyakit asma. Rutin membersihkan kamar, serta lingkungan rumah baik bagian dalam maupun luar rumah untuk menghindari bersarangnya virus, tungau dan debu yang menjadi pemicu asma.

Perhatikan kebersihan tempat tinggal hewan peliharaan bagi anda yang memilikinya, hindari hal yang dapat memicu alergen anda seperti bulu hewan peliharaan. Hindari pula perubahan suhu dan kelembaban ekstrem serta makanan atau hal – hal yang dapat menimbulkan alergi anda hingga terjadinya asma.

“ Hindari makanan yang asin dan makanan pemicu timbulnya alergi seperti seafood, telur dan kacang.” kata Septianingsih, Mahasiswa Jurusan Gizi Universitas M.H. Thamrin. Menghindari sama sekali atau meminimalkan interaksi terhadap pemicu asma, maka gejala asma anda akan sangat berkurang.

Pengobatan asma yang sukses selalu meliputi resep untuk latihan aerobik. Program latihan yang seimbang, sesuai dengan ketertarikan dan kemampuan anda yang ideal menjadi sifat untuk kesehatan yang baik. Berolah raga dan latihan (exercise) sesuai dengan kemampuan untuk melatih paru dan jantung.

Sebagian masyarakat masih kurang menyadari hal – hal yang menyebabkan timbulnya penyakit asma. Kurangnya kepedulian serta pengetahuan masyarakat mengenai penyakit asma membuat hal ini penting untuk diperhatikan sebagai bentuk pencegahan dan bantuan pengobatan penyakit asma. Karena selayaknya mencegah lebih baik dari pada mengobati. (Fikriah NurJannah/PNJ)

Komentar

komentar