Kadin Depok Berikan Sewa Kios Gratis Kepada 200 UMKM

(Dok. Diskominfo)

DEPOK – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok memberikan sewa kios gratis di Lantai 1 Depok Town Square (Detos) selama satu tahun kepada 200 UMKM yang ada di Kota Depok.

Langkah tersebut sebagai upaya untuk memajukan perekonomian di Kota Depok terutama sektor UMKM yang dilakukan Kadin Depok sebagai mitra pemerintah.

Ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar mengatakan, pemberian sewa kios gratis tersebut tidak hanya ditujukan bagi para pelaku UMKM yang terdaftar sebagai anggota Kadin saja. Namun, pemberian sewa tersebut juga berlaku bagi pelaku UMKM yang belum terdaftar sebagai anggota Kadin Depok.

BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Bukan Didirikan oleh Erick Thohir

“Sebagai mitra Pemerintah yang bergerak di bidang industri dan perdagangan, kami juga membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM yang belum tergabung sebagai anggota. Mereka hanya cukup dengan mendaftarkan diri sebagai anggota Kadin terlebih dahulu, untuk kemudian diproses administrasinya agar mendapatkan sewa kios gratis tersebut,” kata Miftah kepada depok.go.id, usai menandatangani MoU pemberian sewa kios secara gratis di Lantai 1, Depok Town Square (Detos), Selasa (6/6/2017).

Lebih lanjut, Miftah menuturkan, selain pemberian sewa kios secara gratis, pihaknya juga memberikan bantuan modal usaha bagi para pelaku UMKM di Kota Depok. Menurut Miftah, besaran modal yang diberikan untuk setiap pelaku UMKM tersebut berkisar Rp. 10 hingga Rp. 20 juta.

BACA JUGA:  Terminal Jatijajar Diharapkan Mampu Berikan Dampak Pembangunan Kota Depok

“Untuk besaran modal yang kami berikan bersifat relatif. Tergantung dari jenis usaha apa yang dijalankan. Kalau memang tidak memerlukan modal yang besar, maka bantuan modal yang kami berikan juga tidak terlalu besar, begitu pula sebaliknya,” jelasnya.

Dikatakannya, pihaknya juga akan terus melakukan evaluasi terhadap para pelaku UMKM yang diberikan sewa kios gratis di Detos tersebut. Hal tersebut dilakukan agar pemberian sewa dapat lebih efektif.

“Tentu kami akan lakukan monitoring pada para pelaku UMKM di kios tersebut di setiap bulannya. Kalau ternyata belum sampai satu tahun sudah bangkrut, maka kios yang digunakannya akan kami limpahkan sewanya kepada para pelaku UMKM yang lainnya,” terangnya.

BACA JUGA:  SBR Konsep Perayaan HUT ke-73 TNI dengan Ide Inspiratif untuk Tingkatkan Ekonomi Negara

Miftah menambahkan, ke depannya Kadin Kota Depok akan melakukan audiensi dengan Pemkot Depok untuk menginformasikan terkait pemberian bantuan sewa kios gratis tersebut. Hal ini, sambung Miftah merupakan upaya Kadin Depok untuk terus bersinergi dengan Pemkot Depok. []

Comments

comments