Jelang Idul Fitri, Pemkot Depok Buka Posko Pelaporan Gratifikasi

Ilustrasi.

DEPOK – Komitmen antigratifikasi tidak hanya dilakukan Pemkot Depok dengan membuat Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli. Tapi, juga dilakukan dengan membuka posko laporan gratifikasi menjelang Idulfitri 1438 Hijriah. Dengan posko ini, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Depok yang menerima pemberian hadiah wajib melaporkannya ke Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) yang memiliki sekretariat di Inspektorat Daerah Kota Depok.

“ASN Pemkot Depok sudah pasti dilarang menerima ragam bentuk hadiah, serta bingkisan berupa parsel. Tapi, kalau misalnya tidak dapat dihindari silakan laporkan langsung ke UPG yang ada di Inspektorat,” jelas Inspektur pada Inspektorat Daerah Kota Depok, Novarita, seperti dikutip situs resmi Pemkot Depok, depok.go.id, Selasa (13/06/2017).

BACA JUGA:  Pasien Rawat Jalan RSUD Depok Sekarang Bisa Daftar Online, Ini Caranya!

Ia mengatakan, kalau sudah dilaporkan ke UPG, dipastikan ASN tersebut tidak akan masuk dalam kategori menerima gratifikasi. Namun, jika yang diterima bentuknya makanan yang mudah basi, ASN cukup melaporkan ke UPG, tetapi barangnya tidak perlu disetor.

Sedangkan untuk yang berbentuk barang atau makanan yang awet, harus dilaporkan sekaligus barang atau makanannya ke UPG. Meskipun begitu, ada pengecualian untuk sesama teman ASN jika ingin saling berbagi. Tapi, tetap besarannya dibatasi hanya sampai maksimal Rp 200 ribu saja.

BACA JUGA:  Agar Murid Mudah Diarahkan, Lima Hal Ini yang Harus Dilakukan

“Kalau sudah lapor ke UPG tidak akan kena gratifikasi, tetapi kalau tidak dilaporkan sama sekali bisa kena gratifikasi,” tegasnya.

Novarita juga mewanti-wanti agar ASN dan penyelenggara negara memberikan contoh yang baik dengan cara menghindari gratifikasi. Ia menyebut, gratifikasi bisa berbentuk uang, bingkisan, parsel, fasilitas atau berupa pemberian lain, yang berhubungan dengan jabatan dan berkaitan dengan kewajiban atau tugasnya.

“Jadi benar-benar diimbau untuk tidak menerima hadiah, apalagi uang,” imbaunya. []

Comments

comments