Disnaker Depok Intens Siapkan SDM Berkualitas Agar Makin Bisa Bersaing

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Evianti (tengah). Foto: San/DepokPos

DEPOK – Sebagai kota metropolitan yang tidak memiliki kekayaan alam seperti di kota-kota lainnya, Kota Depok saat ini mengandalkan kekuatan sumber daya manusia (SDM) dan investasi yang didominasi oleh properti, perdagangan dan jasa.

Demikian ditegaskan Walikota Depok Mohammad Idris saat meresmikan Transmart Carrefour Dewi Sartika di wilayah Pancoran Mas, Depok, Jum’at (16/6/2017).

“Investasi inilah yang ingin kita kembangkan agar bisa dinikmati untuk kehidupan perekonomian di Kota Depok ini yang memang Kota Depok sudah menjadi kota hunian,” jelas Idris.

BACA JUGA:  Pemkot Depok Siap Bantu Pembiayaan Siswa Miskin, Ini 4 Syarat yang Harus Dipenuhi

Untuk itulah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus memicu, memacu dan mengundang investor untuk menanamkan investasinya di Kota Depok. Hal tersebut tentunya harus diimbangi dengan mempersiapkan tenaga kerja yang mumpuni agar tenaga kerja asal Kota Depok tidak kalah saing dengan kota lainnya.

Hal tersebut diamini Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Evianti yang mengatakan masih perlunya cara pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar lulusannya bisa lebih berkualitas.

“Sehingga ketka mereka ketika dilepas kepasaran kerja tidak terpinggirkan, inilah yang akan kita sounding dengan Dinas Pendidikan nantinya seperti apa,” jelas Evianti kepada DepokPos saat ditemui disela-sela peresmian Transmart Dewi Sartika, Jum’at.

BACA JUGA:  26 Finalis Abang Mpok Depok 2018 Diharapkan Mampu Kembangkan Sektor Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Depok

Lebih lanjut Evianti mengatakan bahwa pihaknya juga mencoba bekerjasama dengan Disnaker dan Disdik tingkat Provinsi karena kewenangan SMK sekarang ada ditangan pihak Provinsi.

Evi menambahkan bahwa pihaknya sangat terbuka untuk siapapun yang membuka usahanya di Depok karena hal tersebut menjadi gairah untuk Kota Depok. Terkait penyerapan tenaga kerja asal Kota Depok di Transmart Dewi Sartika ini, Evi mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pengawasan dan konsolidasi.

“Yang membanggakan disini adalah (pihak Transmart – red)┬átidak menerepkan sistem kontrak kepegawainya, semuanya pegawai tetap. Ini menjadi nilai positif tersendiri bagi kami,” ujarnya.

BACA JUGA:  Tanggulangi Sampah, Pemkot Depok Lakukan Upaya Maksimal

Dengan sistem pegawai tetap ini, Evi mengatakan hal tersebut akan memberi kesempatan kepada para pegawai untuk bisa meningkatkan prestasinya.

“Dan kalau prestasinya bagus, mereka bilang akan di rolling di Transmart lainnya,” pungkas Evi. (San)

Comments

comments