Bank BJB Siapkan Dana Mudik Lebaran Rp 9,6 Trilyun

Bank BJB. (Istimewa)

JABAR – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) menyiapkan dana Rp9,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran 2017.

“Terkait Lebaran tahun 2017, kami siapkan sekitar Rp9,6 triliun secara nasional yang akan didistribusikan ke seluruh jaringan kantor Bank BJB yang tersebar di Indonesia terutama ke sejumlah kota tujuan mudik,” kata Dirut Bank BJB Ahmad Irfan di sela-sela acara Pemberian Santuan kepada 2.000 Anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa di Kota Bandung, Jumat.

Ia menuturkan dana yang disiapkan untuk menghadapi libur Lebaran tahun ini meningkat dibanding alokasi yang disiapkan pada Ramadhan dan Lebaran 2016.

BACA JUGA:  Dedi Mulyadi: Golkar Jabar Belum Bahas Pilgub

“Tahun lalu, dana yang kami siapkan terkait Lebaran itu mencapai sekitar Rp5 triliun. Mungkin paling besar menyerap dana ini ada di Jawa Barat ya, itu kan termasuk daerah penyangga ibu kota seperti Bekasi dan Depok,” kata dia.

Menurut Irfan, peningkatan tersebut dikarenakan oleh cairnya bantuan dana sertifikasi guru, dana bantuan operasional sekolah (BOS), gaji karyawan, gaji ke-13 dan 14 PNS.

Bank BJB. lanjut dia, juga menerima layanan penukaran uang di semua kantor cabang bank tersbeut namun selama Ramadhan 1438 H bank bjb melalui Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pemkot Bandung yang ditunjuk bersama bank-bank lain secara khusus melayani penukaran uang di sekitar Bank Indonesia untuk wilayah Bandung.

BACA JUGA:  Dedi Mulyadi: Golkar Jabar Belum Bahas Pilgub

Sedangkan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang ditunjuk secara khusus adalah Kantor Cabang atau KC BSD, KC Daan Mogot, KC Gajah Mada, KC Hasyim Ashari, Kantor Cabang Khusus (KCK) Jakarta, KC Kebayoran Baru, KC Rasuna Said, KC Rawamangun, KC SParman, dan KC Saharjo,” kata dia.

Ia menambahkan selain penukaran UPK melalui mobil layanan kas, kegiatan penukaran uang juga dilaksanakan di semua kantor cabang bank bjb yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Layanan ini juga sejalan dengan upaya pihak regulator dalam hal “clean money policy” dan mencegah peredaran uang palsu. Kita siapkan ATM di tempat yang banyak dikunjungi seperti mal, termasuk untuk jalur mudik,” kata Irfan.

BACA JUGA:  Dedi Mulyadi: Golkar Jabar Belum Bahas Pilgub

Lebih lanjut ia mengatakan untuk mengantisipasi kebutuhan uang masyarakat saat Idul Fitri nanti maka bank BJB akan menyiapkan ATM bergerak di sejumlah titik.

Komentar

komentar