Walikota Depok Apresiasi Program SIP OKE Kelurahan Mekarjaya

Walikota Depok Mohammad Idris pada saat peluncuran program SIP OKE, Jum’at. (Foto San/DepokPos)

DEPOK – Walikota Depok Mohammad Idris memberikan apresiasi atas peluncuran program inovasi teknologi Sistem Informasi dan Pelayanan Online Kelurahan (SIP OKE) yang diterapkan di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Jum’at (5/5/2017).

“Istimewanya program ini ada dua, pertama mekanisme programnya dan juga operasional launchingnya. Mekanisme SIP OKE ini dilakukan secara swadaya, kalau tidak mempunyai jiwa sosial yang tinggi sulit ini,” puji Idris dalam sambutannya pada saat peluncuran SIP OKE.

Swadaya ini sendiri menurut Idris adalah sebagai implementasi dari kolaborasi antara pemerintah wilayah dengan tokoh-tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan di Kelurahan.

“Dan kolaborasi ini adalah salah satu dari dua domain Depok Bersahabat yakni berbagi dan berkolaborasi,” ujarnya.

Idris menambahkan bahwa pelayanan ini juga harus memenuhi konsep tepat, cepat dan cermat.

“Tepat itu artinya harus memenuhi aturan, tetap tidak boleh keluar dari aturan dan harus valid. Cepat dan tidak bertele-tele, cermat adalah teliti dan lancar. Nah tiga hal inilah yang ingin kita lakukan  dalam pelayanan se-Kota Depok,” katanya.

Kedepannya, Idris mengatakan akan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang sudah diterapkan di dinas-dinas Pemkot Depok termasuk Kecamatan dan Kelurahan.

“Jadi kerjasama dengan vendor dan lainnya itu bersifat sementara, kami ingin semuanya terintegrasi menjadi satu termasuk vendornya karena nanti harus masuk kedalam proses pelelangan,” jelasnya.

Lebih lanjut Idris juga mengatakan selain sistem yang ada di pemerintahan, juga akan di integrasikan dengan sistem yang ada di kepolisian termasuk Panic Button dan Halo Polisi. Untuk itu Idris mengatakan sistem SIP OKE ini juga harus siap untuk di integrasikan dengan sistem Pemerintah Kota sehingga tidak terpisah-pisah dan berjalan sendiri-sendiri.

“Kecuali untuk hal-hal yang sifatnya teknis, ini bisa nanti berkolaborasi dengan potensi ayng ada di Kelurahan masing-masing,” pungkasnya. (San/DepokPos)

 

Komentar

komentar