Setelah Audisi, Musisi Jalanan Akan Ikuti Workshop di Kantor Kemendikbud

(Foto San)

DEPOK – Institut Musik Jalanan (IMJ) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan kartu bebas mengamen Support Performance Card (Supercard) diruang lingkup yang lebih luas diluar Kota Depok. Sebagai langkah awal, supercard akan diterapkan di JABODETABEK untuk kemudian diterapkan secara nasional.

Direktur Kesenian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Restu Gunawan mengatakan bahwa program tesebut merupakan kolaborasi antara Institut Musik Jalanan bersama Direktorat Kesenian Kemendikbud untuk selain meningkatkan kemampuan musisi jalanan juga memperluas akses.

“Terkadang akses untuk mereka tampil itu menjadi barang yang mahal, nah kita ingin membukakan ruang-ruang akses kepada kawan-kawan musisi jalanan ini,” jelas Restu kepada DepokPos saat ditemui disela-sela proses audisi dan penyaringan kualitas di markas IMJ, Depok, Kamis (25/5/2017).

Proses audisi perform dan kualitas musisi jalanan di markas IMJ, Depok, (Foto San)

Setelah sebelumnya melakukan verifikasi data dan kemudian diikuti dengan audisi penampilan, program kemudian akan dilanjutkan dengan workshop lanjutan di kantor Kemedikbud untuk kemudian ditawarkan pihak-pihak swasta untuk musisi jalanan bisa tampil secara profesional.

“Sedikit memberikan ruang lah, untuk mereka perform. Karena ini kan banyak, jangan sampai dibiarkan begitu saja. Pemerintah kan harus hadir dimana-mana, program kita memperluas akses lalu melakukan pembinaan untuk kemudian diupayakan pemerintah untuk bisa mendapatkan akses tampil,” tambah Restu.

Restu juga mengatakan bahwa kewenangan untuk memberikan akses itu ada di pemerintah, bentuknya mungkin salahsatunya dengan memberikan sertifikasi dan rekomendasi kepada swasta untuk memberikan ruang kepada musisi jalanan.

Restu juga mengatakan semoga di bulan Ramadhan ini, program sudah bisa berjalan dan musisi jalanan sudah bisa mulai tampil dibeberapa mal. (San)

Komentar

komentar